Manfaat Telur Untuk Kucing

Manfaat telur adalah karena telur mengandung zat besi, protein dan sebagian besar vitamin. Kita tahu telur jelas sangat bagus untuk manusia. Tapi apakah telur juga bagus sebagai makanan kucing .

Dalam merawat kucing kita harus tahu donk apa saja yang baik dan buruk bagi kucing. Nah maka daripada itu kita akan membahas tuntas telur untuk kucing. Dari manfaat telur ataupun kerugian yang disebabkannya?

Sebuah telur utuk memiliki sekitar 11,5% lemak, 13 persen protein, 160 kilokalori dalam setiap 100g. Dari komposisi itu bisa disimpulkan telur adalah makanan dengan keseimbangan yang baik. Memiliki protein hewani dan zat makanan penting apalagi jika dimakan mentah sebagai makanan kucing kucing.

Namun semua manfaat telur itu ada satu yang dapat merugikan kucing kita. Karena terlalu pada putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi vitamin B biotin. Padahal vitamin tersebut sangat penting untuk proses dalam tubuh kucing.

Supaya manfaat telur ini benar-benar maksimal. Cukup berikan tidak lebih dari sebutir telur mentah perminggu.

Dalam beberapa artikel tips merawat kucing yang saya baca. Senyawa avidin itu dapat dikurangi dengan memasaknya. Tapi sayang seribu sayang, itu juga dapat mengurangi zat makanan yang lain. Dengan kata lain manfaat telur juga berkurang.

Ini semua berlaku untuk jenis kucing apapun, apakah itu kucing persia, kucing anggora atau kucing Maine Coon!!!

Lalu bagaimana jika kita hanya memberikan kuning telurnya saja?

Bisa saja, tapi itu memberi konsekunsi kegemukan karena kandungan lemak pada telur kucing yang tinggi (mencapai 31 persen). Jadi jika ingin kuning telur berikan saja dua atau tiga butir perminggu.

Kalau tidak bisa-bisa kucing anda seperti di postingan gambar kucing besaryang lalu!

Seperti sebuah pisau yang mempunyai ujung tajam dan pendek. Manfaat telur juga pasti ada keburukannya. Tergantung bagaimana kita merawat kucing, supaya hanya kebaikannya saja yang kita dapat

Semoga artikel ini memberi alternatif untuk makanan kucing.

 

sumber:

http://www.facebook.com/notes/jual-kucing-karawang/manfaat-telur-untuk-kucing/119449878151403

125 comments on “Manfaat Telur Untuk Kucing

  1. mending deh kentang rebus, ni kucingku 4blan persilangan himalayan sm angora suka makan sama buah dan puding. –” Gmna itu ya??

      • bukan kah mengkonsumsi kuning telur yg mentah itu protein nyah hanya 51 % yah min,
        namun jika yg mateng jauh lebih bayak protein nyah hingga 91% min .
        dan lebih banyak bakteri nyah jika yg mentah .
        jadi harus seperti apa nih min pemberian nyah ???

      • Vitamin dlm kuning telor klo dipanaskan banyak yg terbuang..
        Klo saya sih lebih suka kasih mentah.. kucing2 saya jg lbh suka kuning telor mentah ketimbang mateng..
        Tp smua kembali ke pemilik kucingnya masing2.. mo mentah/mateng

  2. boleh tanya yang lain kah??
    kalo kutu kucing itu seperti apa?? dan boleh tauu untuk masukan obat yang paling ampuh untuk membasminya.

  3. saya lagi ngrawat anak kucing yang di tinggal induknya.
    mau tanya ni.. kalau kuning telur mentah di campur susu aman gak ya?, maksud saya biar tambah gitu kandungan proteinnya.
    saya pake beaphar kitty milk

  4. Lebih baik telur itu di rebus terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri2 di dalam telur, sya sering kasih kucing sya telur 3x seminggu itu juga untuk kucing yg susah makan agar tidak berkurangnya protein si kucing itu

    • Direbus atau mentah sebenernya sama2 bagus.. tp klo direbus.. kandungan zat yg menguntungkan dlm telur jg akan ikut berkurang. Makanya saya memilih utk memberikan kuning telur dlm keadaan mentah.
      Tp semua terserah pemilik kucing..🙂

  5. mas admin mau tanya, kucing saya hampir tiap hari mesti muntah itu cara ngobatinnya gimana ya ? kucing saya persia medium..

  6. mpusku bulu nya rontok terus? apa solusi nya??

    truss mpus yg cewek ku setelah birahi malah makin kurus, bulu nya juga rontok,, tolong bantu yya😦

  7. sekedar memastikan sist, karna sya mlh jadi bingung… hehehe.. selama ini sya berikan kuning telur rebus. pertimbangan di rebus karna protein akan semakin menggumpal dan naik kadarnya serta bertujuan minimalis bakteri E-coli yg ada ditelur itu sendiri. Nah disini yg sya bingungkan lebih baik matang atau mentah ya sist….

    nuhun…

  8. min.. ane pny kucing persia seblumnya pernah kena diare jadi agk kurus terus bulunya rontok (gk banyak sih..) nah pertanyaannya;
    kalo ngasi kuning telor itu bs bikin gemuk kan? jaraknya bs brp lama min dgn konsumsi seminggu 3x sesuai saran mimin smpe nantinya jadi gemuk?
    terus mbedain kucing dah dewasa apa belom gmana yak min, umur brp? soalnya ini kucing ane dapet dikasih, wktu ane bawa ke salon katanya 1tahun kurang
    terakhir cara ngerawat bulunye gmn ya, biar tumbuh subur dan lembut? klo nyisir brp kali sehari?

    dengkyu somac miin

    • konsumsi kuning telor sminggu 3x dlm sbulan biasanya udh klihatan hasilnya. Kucing kitten 0-6bln.. remaja 6bln – 1th.. dewasa diatas 1th.
      Nyisir setiap hari.. minimal 1hr 1x. dg cara berlawanan arah (dr blakang ke depan)

  9. Mau tanya nih, kucing saya sering makan kuning telur mentah tapi dia gemuk2 juga, bahkan dia kurus… itu kenapa yah? Apa perlu di kasih citamin tambahan

      • Kalo berin sesekali sih kalo abis minum biasanya…
        Baru ngurus kucing nih jd ga tau kalo ganti makanan langsung mengakibatkan mencret pada kucing, kalo sudah terlanjur gt gmn cara penanganannya ya ?

      • Klo mau ganti pakan dg merk lain scara brtahap..
        •Minggu ke 1: 25% merk baru, 75% merk lama
        •Minggu ke 2: 50% merk baru, 50% merk lama
        •Minggu ke 3: 75% merk baru, 25% merk lama
        •Minggu ke 4: 100% merk baru

  10. mau tanya, kucingku dr td malam susah makan trus sharian ini g mau makan, dksh ikan g mau, dksh dry food jg g mau. tp tadi siang ak ksh kuning telur dijilatin habis. tp cm itu, g mau makan yg lain. hbs gt tidur trs dan g smangat. kenapa yah? makasih.

  11. min, mw tanya melenceng dkit. kucing sya kena kutu & jamur, kira2 yg mna dlu yg mesti di obatin min? ktu a ap jmur a? atw bsa skaligus? dan stu lg kucing sya kalo tidur sesekali kya kucing yg lg nyusu k induk nya it knp y? lg mmpi atw ad ssuatu yg slah? makasih

  12. Salam.. mau nanya untk vitamin pada anak kecil boleh ngga diberikan juga sama anak kucing min???

  13. aq ada kucing ktrnan himalaya,baru2 anaknya ada yg mti.na skrang ada 1 lgi yg mlai mlas mkan,lesu trus ada mntah wrna kuning.tlong dong infonya gmna cara ngobatin sblm k dokter hwan.(kbtlan jauh bnget tmptnya)…..Thanks buat infonya

  14. Min, boleh tidak memberikan kuning telur sebagai pengganti makanan pokok buat si Kucing ? soalnya kucing ku sedang sakit dan susah kalo suruh makan makanan padat, kalo di paksa malah berontak.

    Terima kasih🙂

  15. Kucing saya mengalami abses mgkn krn berkelahi dgn kucing lain, apa boleh diberi makan telur? Selama ini saya beri makan danging ayam menyah saja, dan sekarang kucingnya tdk mau makan kecuali disuapi. Mohon bantuannya

    • Boleh.
      Dberi makan catfood kering jg utk asupan vitamin yg lebih komplit.
      Pakan basah utk selingan saja.
      Krn pakan basah yg diberikan terus menerus tiap hari bs mengakibatkan karang gigi

  16. min, bentuk obat cacinan sama diare sama obat kutu tuh gimana si? hehe maap yaaa ane nanyanya jauh dari pertanyaan, soalnya ane tadi kuning telor langsung lahap, jadi gak ada pertanyaan lagi buat kuning telur, dan cara ngasih obat cacing obat diare dan obat kutu gimana yah? soalnya ini kucing kecil yang terlantar min ane baru ngurus 3 mingguanlah, makanan kittennya juga sudah habis tapi salahnya ane lupa ngasih susu, hahah ini skrg baru bli bli susu

  17. kalo kuning telur mentahnya dicampur sama ikan rebus boleh gak??
    ada efeknya gak ya?

    kucing saya, makanannya ikan rebus/ayam rebus dicampur sama whiskas yg di jadikan bubuk.
    bagus gak ya?
    kucing saya baru 3 bulan, tapi badanya cepet bgd gemuk, dan makannya sehari bisa 5 kali. apa itu gak pa2??

  18. Saya mau tanya,
    Kucing saya kaki kiri belakang nya sakit, karena dia habis di serang sama kucing besar dan karena itu juga dia gak mau makan trus dia jadi kurus padahal baru 2 hari sakitnya. Usia kucing saya baru 10 bulan,kucing jantan..
    Gimana ya cara mengembalikan kondisi kucing saya seperti semula?
    Kasihan liatnya
    Tolong di jawab ya

  19. min…. mau tanya kucingku gk bisa ngunya makanan keras habis sakit tk berdaya gk bisa berdirir sekarang agak mendingan , sehari tak kasih kuning telur 2 kali gpp kan?? trus apa perlu di jemur juga kucingnya ?

    terima kasih di tunggu jawabannya

  20. mas saya mau tanya,kucing saya matanya berair,trus udah 2 hari gk mau makan,lemes lesu itu penyakit apa y?trus obatnya apa y saya bingung

  21. Min, kucing saya muntah terus warna kuning, padat dan agak bau. Udah dikasi obat cacing juga sebenernya. Itu kira2 karna apa ya?

  22. Mas…mau tanya donk, gimana ya cara memberikan kuning telur dan madu pada kucing…saya belum pernah coba sih, soalnya bingung mau kasihnya pake apa ya….apa perlu pake sput gitu….tapi nanti takutnya malah trauma, soalnya kalo pake sput khan berasa dipaksa…

    • kl jd gk mau makan stelah mkn kuning telor mgkn krn sudah kenyang. krn kuning telor cpt bikin kenyang.
      tunggu bbrp jam jg nanti dia mau makan lagi kl sudah lapar.

  23. min, kucing saya 2 sampai 3 kali makan per hari untuk kiiten. pertanyaanya, kalo saya kasih kuningan telur dihari itu, maka makanan pokoknya tetap 3 kali + kuningan telur = 4 kali perhari, atau dikurangi makanan pokoknya karna dikasih telur, jadi 3 kali perhari dan sudah termasuk kuningan telur?

    • Biasanya kucing yg cacingan makan lahap tp badan kurus terus ngga bisa gemuk2.
      bagian perut buncit wlpun badannya kurus.
      bs juga ditandai dg pup nya ada cacingnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s