Cara Memandikan Kucing Terkena Jamur/Kutu

Persiapan alat dan bahan

1. Air dingin/hangat

2. Handuk

3. Sikat gigi

4. Pengering rambut (hairdryer)

5. Sisir kucing tipe sikat (brush comb)

6. Shampoo obat ( shampoo anti kutu, anti jamur atau anti bakteri)

Cara memandikan:

Sebelum dimandikan, periksa bagian-bagian yang sakit di seluruh tubuh.

Jamur biasanya menyerang bagian dagu, ketiak, lipatan paha, telapak kaki, ekor dan pangkal ekor.

Tungau Scabies paling sering menyerang bagian telinga luar dan ujung-ujung telingan bagian dalam. Kutu pinjal  sering menyerang bagian atas kepala, dagu, ketiak dan lipatan paha. Ingat-ingatlah bagian yang sakit tersebut, karena harus terkena shampoo dan disikat pada saat dimandikan.

Basahi seluruh tubuh kucing dengan air dingin/hangat (kucing kecil sebaiknya dimandikan dengan air hangat). Pastikan air membasahi seluruh bulu sampai ke kulit. Pengobatan tidak akan efektif bila air dan shampoo tidak mencapai kulit.  Pada kucing dengan bulu panjang dan tebal lebih mudah disemprot menggunakan air bertekanan tinggi.

Ratakan shampoo keseluruh tubuh sambil dipijat/disisir menggunakan jari. Hati-hati pada saat memberikan shampoo pada daerah sekitar mata dan hidung (wajah). Usahakan shampoo tidak masuk ke mata. Setelah merata, sikat  dan bersihkan bagian-bagian yang sakit dengan sikat gigi.

Hati-hati bila menyikat bagian yang luka. Pastikan shampoo berada di tubuh selama 5-7 menit agar kutu, jamur dan bakteri  penyebab penyakit mati terkena shampoo obat.

Bilas seluruh tubuh kucing dengan air hingga bersih. Periksa kembali bagian-bagian yang sakit. Pemberian shampo diulang sekali lagi, sambil membersihkan/menyikat kembali bagian-bagian yang sakit. Ratakan shampoo dan biarkan kembali 5-7 menit, kemudian dibilas sampai bersih.

Keringkan kucing dengan handuk, kemudian keringkan kucing dengan pengering rambut (hairdryer) sambil disisir. Penyisiran bertujuan menghilangkan rambut yang rontok dan mempercepat pengeringan rambut.

Pastikan bulu dan seluruh tubuh kucing kering sampai ke kulit, terutama di daerah dengan bulu tebal dan yang agak sulit seperti daerah perut, kaki belakang, daerah diantara kaki belakang, pangkal ekor dan telapak kaki.

Pengeringan yang tidak sempurna akan menciptakan lingkungan dan kelembaban yang cocok bagi tumbuhnya jamur.

378 comments on “Cara Memandikan Kucing Terkena Jamur/Kutu

  1. kucing saya sudah ada bagian yang terlihat dagingnya….itu adanya di bagian kuping dan dipunggung sudah mulai terlihat juga,…kira2 itu penyakit apa ya????bagaimana cara memandikannya / tidak bisa di mandiin ???? trimakasih..

    • @mbak nadine: kemungkinan itu kena jamur.. boleh dimandikan pke shampoo khusus dan dikeringkan sampe bener2 kering.. bisa jg dioleskan salep untuk membasmi jamur.

  2. ana ingat sesuatu,dulu aku pernah les bahasa inggris,guruku cewek punya persia putih beliau bercerita,karena waktu itu aku nanya ke beliau kenapa gak dikasoh kalung?beliau jawab dulu dikasih tapi terus jadi sarang kutu.pengaruh gak sih kalau kucing sering dikasih kalung?soalnya punyaq persia medium lebih sering tak pakei soalnya kalau gak dikasih aku gak denger suaranya.dia bukan type kucing yang cerewet,kalau dipanggil gak mengeong tau tau ada.dia akan mengeong kalau diluar sendirian.

    • asal kucingnya bersih (dalam artian rutin di grooming atau minimal grooming kering) pakai kalung gpp klo kucingnya betah pakai kalung lama2..
      cm mmg klo pkai kalung rentan dijadikan sarang kutu / jamur karna bagian yg ketutup kalung biasanya lebih lembab dr bagian lain..

  3. ana ingat sesuatu,dulu aku pernah les bahasa inggris,guruku cewek punya persia putih beliau bercerita,karena waktu itu aku nanya ke beliau kenapa gak dikasoh kalung?beliau jawab dulu dikasih tapi terus jadi sarang kutu.pengaruh gak sih kalau kucing sering dikasih kalung?soalnya punyaq persia medium lebih sering tak pakei soalnya kalau gak dikasih aku gak denger suaranya.dia bukan type kucing yang cerewet,kalau dipanggil gak mengeong tau tau ada.dia akan mengeong kalau diluar sendirian

  4. mau tanya gimana ya ngobatin kucing saya ada jamurnya, disuntik anti jamur udah tapi ga kunjung sembuh….
    mohon pencerahannya….

  5. kucingku jamuren nih mbak, kupingnya keteknya sm kepalanya, aku pakein e collar sih, tp yg dihidung kan aku pakein salep yah, tp tipis2 ajah sih aku takut dia jilatin salepnya

  6. kalo pas dimandiin kucing saya juga susah diem soalnya lincah padahal udah di mandiin pke air hangat , it gmana ya solusi nya ? , makasi

    • kalo aku sih masukin ke dalem ember sedeng (setinggi kucing biar posisi kucing saat dlm ember bisa bediri) masukin air hangat smbil ngeguyur badan kucing sampe membasahi seluruh tubuh hingga kulit kucing (paling efektif badannya kerendem).. abis gitu buang air anget yg udh kotor, masukin air anget baru trs masukin kucingnya terus shampoin deh (bersihin bulu kucing samponya pake brush lembut jd sekalian bersih bgt tuh bulu kucing) abis mandi pke air anget sm shampo dikeringin hair dryer kering dijamin lembut dan wangi bgt tuh bulu kucing 🙂

  7. Saya mau tanya kucing saya kena jamur,udah diobati ke dokter gak sembuh” sampe terlihat kulitnya?gimana cara pengobatannya…shampoo anti kutu sama jamur apa namanya?

  8. maaf numpang tanya..
    kucingku persia platnose umur 3blnan.bulunya rontok & kulitnya kaya ketombean gitu, kalau ketombenya digaruk tuch bulunya ikut lepas.
    1. apakah kucingku kena jamur?
    2. kalau diobatin pake shampoo apa bulunya lepas/rontok semua ga?

    • iya itu kucingnya terkena jamur.
      coba digrooming pakai shampoo flea and tick untuk menghilangkan jamur.
      bulu2 yg rontok saat pengobatan bisa tumbuh lagi..
      shabis grooming, usahakan bulu dikeringkan sampai bener2 kering.

  9. Kira2 berapa lama penyembuhan jamur pada kucing..?

    Apakah jika sudah si kucing sudah sembuh dari jamur bisa terserang jamur lagi..?

    Apa penyebab si kucing kutuan..?

    terima kasih pren..

      • @popopetshop….q mau tnya jika kucing tgl di ruang AC apakah bsa mnyebabkan kelembapan pd kulitnya??? trs ideal utk berat badan kucing itu brp???utk jenis makanan basah/kaleng apkh mmpengaruhi kerontokan bulu dn kualitas bulu kucing

      • ruangan ber ac harusnya gk bikin lembab.. malah bagus untuk bulu2 kucing. untuk berat badan kucing disesuaikan sm umurnya.. jgn terlalu obesitas jg..
        klo makanan basah dikonsumsi terlalu sering jg gk bagus..bisa menyebabkan karang gigi.

  10. kucing saya.. jenis min kun ( salah ga nulisnya ) ? kena jamur gitu.. kulit jd botak.. kaya ada ketombenya sampai kulitnya kelihatan.. saya ksh obat minum berbentuk cair merk virbac.. obat spray merk virbac dan shampoo virbac saya campur dgn shampoo espree.. jamurnya yg kaya ketombe jd menghitam, ngelupas jd tinggal kulitnya aja.. pertanyaan saya..

    1. apa obat yg saya kasih udah benar? atau ada merk yg lebih baik?
    2. apa ini berbahaya? haruskah saya bawa kedokter?
    3.bisa nambah banyak atau engga?
    terima kasih sekali.. mohon dijawab…

      • Sorry tanya sekali lg , apa jamurnya bisa nambah banyak/ nyebar? Terus kucing saya cuma mau dikasih makan ikan asap, dikasih whiskas dan susu gamau. Oya , apa popo petshop jual vitamin/ obat buat numbuhin botaknya yang bekas kena jamur? Terus supaya efektif saya ksh salep ketokenazole boleh ga? Makasih.

      • untuk makanan kucing jangan diasap, yang bagus ditim, misalkan ayam yang ditim, jadi kaldunya juga bisa diminum.

  11. kucing saya terkena jamur, dibagian perut 2, tengkuk dan telapak kaki, tapi kalo ditelapak kaki, jamurnya mengkitam, dan jari nya yang ditumbuhi jamur, dan ada daging gitu diatas kukunya dan ditumbuhi jamur, itu berbahaya gak? diobatinya bisa ke dokter hewan? kalo suntik jamurnya berbahaya gak? bisa minta nomor sama pin bb popopetshop? untuk mengirim foto daging dan jamur yang menghitam di jari telapak kaki agar lebih jelas

  12. Mau nanya ya.
    Ada butiran kecil yang berwarna putih yang nempel di bulu kucing anggora ku.
    Aku takut kalo kucing ku kena kutuan 😥
    Apakah itu telur kutu ? saya ingin mencegah hal itu pada kucing kesayangan saya 😥
    Mohon jawabannya 🙂

  13. numpang nanya..idealnya kucing di mandiin setiap berapa kali/hari ya? kucing saya jorok, kalo saya kerja trus di lepas di rumah suka maen ke taman..jadi saya mandiin nya sminggu 3 kali..umurnya kira-kira 2-3 bulan. thankyou

  14. permisi.. kucing ku matanya sering belekan terus ada kyk ketombe/jamur gitu d sekitar ketiaknya. itu kenapa yaa?? trus susu bwt kucing umur 2 bulan bagusnya apa ya?? boleh ga dikasih susu contohnya bear brand??

    • beleknya dibersihkan aja pakai kapas yg dikasih air hangat..
      klo jamur itu karna lembab. usahakan klo habis grooming dikeringkan sampai bener2 kering.
      klo mau pakai susu buat manusia.. bisa pakai susu bayi spt SGM yg utk 0-3bln.

  15. 6 anak kucing anggoraku sekarang udah berumur 1 bln dan terkena jamur, trus tiap 2 hr sekali tak sabuni pake asepso lalu di seka begitu kering bulunya aku salep pake ketoconazole. sekarang udah mending tp masih keliatan botaknya. Boleh gak sih di sabuni pake asepso soale kan belum boleh dimandiin. thanks infonya.

    • lha itu udah dijawab sendiri.. hehehe…
      mending nunggu umur 2 bulan baru boleh dimandikan.. tp ya udah terlanjur ya.. ya gpp.. yg penting sehat.. dan cepet dikeringkan sampai bener2 kering. biar nggak jamuran lg. 🙂

      • maaf numpang tanya popoetshop
        ak baru ngerawat kucing
        eh ujung telinga kucingku kaya ada jamurnya
        itu bahaya engga yah?
        udah tek brsihin pake air anget tpi lo udah malah merah jga muncul lgi
        tolong solusinya mksh

  16. salep scabicid apakah bisa diberikan pada kucing usia 1 bulan? mana yg lebih bagus, scabicid atau ketonazole? terima kasih

  17. kak,aku mau tanya.mengeringkan bulu kucing ku gk pakek hairdrayer boleh gk dan jamurnya aku kasih obat dactarin anti jamur apa gk bahaya.

    • 1. umur 1bln masih riskan.. tp kl sekedar main2 biasa gpp. tetap harus hati2.
      2. penggunaan shampoo manusia untuk kucing tidak dianjurkan.. tp klo mau pakai shampoo manusia, pakai shampoo untuk bayi yg tidak begitu keras dan lebih aman.

  18. Kucingku persian trus senangnya minum susu, tapi kog (maaf) mencret2 udah dicoba mulai dari susu kucing, ampe bear brand. Tapi tetep mencret. Cuman si doi demen banget ama susu terutama susu bear brand. Kalo belum dikasi susu trus2an ngeong2 manja gitu. Tolong dong bantuin solusinya. Makasih sebelumnya.

    • Saya juga punya kitten usia 2 bulan, pernah mencret parah tapi udah sembuh. mencretnya karna susu bear brand juga. trus sy bawa ke dokter hewan dan di suntik sesuatu (sy kurang tau isinya apa), besoknya langsung sembuh. saran dari dokter jangan diberikan susu, lebih baik air putih, tp kalo tetap mau dikasih susu, kasih susu bayi yg tidak mengandung laktosa, karna kucing sensitif terhadap laktosa.

  19. mau tanya bulu kucing sy rontok terus uda sy berikan megaderm ma excel tp tetep rontok. seminggu kemudian baru liat dibagian bwh leher dan di sekitar kelamin ada bintik2 merah itu apa yah?

  20. Mba aku punya kucing blasteran persia anggora, aku baca komen komen dari atas itu kucing aku kena jamuran. Nah aku punya salep tp salep cina namanya Pi kang shuang, khasiatnya untuk menghilangkan jamur.. boleh di pake ga tuh salep? Makasih

      • Mas petshop uty mau nanya.. uty kan dpt hadiah ultah kucing anggora ya.. umur nya 5 bulan.. dia itu manja banget.. kan aturannya ngasih mkn shari 3 kali.. tapi dy tuh kalo sjam abis dksh mkn pasti ngeong ngeong mau lagi.. dan akhirnya uty ga tega uty kasih makan lagi.. bahaya ga sii obesitas bagi kucing?

      • Oya uty juga kan pemula memelihara kucing anggora.. uty bingung dia suka garuk garuk.. kn sama uty disisir pake sisir kucing.. itu sebaiknya brpa kali dalam sehari menyisir rambut kucing? Trus supaya rambut nya ttp tebal ada sampo utk nebelin rambut khusus kucong ga ya.. mkasii

      • Tapi kucingku kepalanya ada bendolannya jadi kalau aku sikat gak tega gimana solusinya?

      • mgkn porsinya aja yg perlu ditambahin.. misal biasanya dikasih 2sendok tp msh minta lagi ya porsinya ditambah jd 3 sendok skali kasih.. tp sehari tetep 3x. pagi, siang, sore/mlm.. diusahakan waktu pemberiannya tetap tiap harinya.

  21. Min, mau tanya kalo sampo untuk kitten yg jamuran yg paling efektif apa ya? dan mau tanya harga e-collar untuk kitten berapaan ya? apa dijual disini? makasih, ditunggu balasannya.

  22. kucingku peranakan antara persia n anggora, kena jamur bagian hidung n telinganya, itu ak ksh salep DERMA, krna tiap tak olesin gk ak bersihkan dlu sekarang di hidung n telinga ada kayak gumpal gitu , trus ak lap pakai kain n air hangat, itu bnr g sih ? trus cara ngilangin gumpalan cream kering di hidung susah, gimana y cara yg cepat ? apa hrs di olesin lg di telinga stlh di bersihkan pkai air hangat td,,, ? mksh

  23. Kucingku persia medium betina umur 5 bln. Baru sekali vaksin sih, di telinga luar bagian atas ada kyk ketombenya gt. Apa itu jamur ya? Klu pake minyak bulus mempan gak dok?

  24. saya punya kucing persia usia 3 bln di dagu nya ada kulit yg terlihat dan ada kotoran yg menempel pd bagian itu apa itu jamur?
    apa bisa diobati dgn minyak zaitun?

  25. misi mau nanya…
    d bulu kucing saya ada ptih” kcil yg nempel d bulu…. itu jamur ap telornya kutu.??? trus gmn cara ngilanginnya…????
    mkasih

  26. Tapi kucing Ku telinganya Ada darahnya terus di kepalanya Ada kayak bendol kecil jadi kalau saya sikat nggak tega gimana dong?

  27. misi kak mau nanya,
    aku pnya kucing persia medium umur 10 bln sm persia peaknose umur 2,5 bln, tp kedua2-nya bulunya rontok trtama yg persia med, pdhl udh ga ada kutunya, mknan jg udh diksh RC 32 yg utk kitten, kira2 knpa ya kak? mksh…

  28. kak mau tanya kucing saya kenapa ya di daerah bawah dari lehernya terdapat seperti kudisan bulat dan melebar, kulitnya terkelupas dan kelihatan dagingnya, awalnya kulit itu keras nah skrng jadi kudisan gt, obat yang cocok apa ya kak?

  29. mas saya punya kucing persia 8 bulan bulu y tiap hari rontok tpi gkbnyk trus nafas y kaya ngorok mas tu knp mas??
    obt yang bgus dan gampang d temuinnya buat jamur dan kutu apa mas??
    cara mengetahui gejala kutu or jamur gmn mas??
    maaf bnyk nanyanya bru punya kucing.hehehheee

  30. Mau tanya, pernah baca d suatu forum. Tuk ngobatin kucing yg trkena jamur ap bisa pakai sabun asepso, apkah aman pnggunaannya? Trus ap sm jg, dbusakan sperti shampoo pd umumnya. Mohon pencerahan, trimakasih

  31. Mas, jamurnya tambah bandel pada nyebar. Pengobatan yg benar dan tdk trlalu mahal ap ad saran?Bulu kucingnya ap bisa tmbuh lg karena jamur tsb? Pup nya jg ad darahnya mas? Minta tlg solusinya mas?

  32. maaf nih keluar dari judul,mandiin kucing persia pakai sampo anak bayi sebenarnya boleh atau enggak???

  33. mas makanan kucing bagusan pro pland atau royal canin bgusan mana mas??
    dri masing” makanan tersebut yg buat bulu yang mana mas??
    mks

  34. Mas, mau nanya. Kucing saya umurnya baru 5 bulan da pas saya raba badannya semua ada kayak tonjolan2 kecil2 di leher, deket pantat, kaki depan belakang dan sedikt dipunggung. Pas saya periksa kaya koreng gitu…. itu kutuan atau jamuran ya mas?

  35. Kucing saya semenjak kemarin nih PUB nya ga padat, lembek dan warnanya kuning kecoklatan gitu, itu kenapa ya? dibilang mencret ga juga,perlu dikasih obat apa ga ya? trus obat yang bagus apa ya kira kira?
    Soal jamur nih… di mandiin di pet shop tiap seminggu sekali, di kasih salep juga, di sisir juga tiap hari, di bedakin pula, tu jamur tetep aja nongol…hhhh…. emang kucingnya yang bandel, hobi banget ke dapur and duduk di keset. padahal kesetnya kan rada basah. belum lagi kalo masuk masuk ke kolong kasur… hiks… stress…

  36. bayi kucing persia saya yang berumur 1 bulan daerah muka,leher dan kaki..bulunya rontok dan berjamur seperti ketombe,,cara praktis pengobatan di di rmah bagai mana dan obat apa,,

    • Gak ada yg praktis.. smua butuh proses dan pngobatan hrs rutin. Klo br 1 bln paling cm bs dksh virgin coconut oil sm tiap pagi dijemur skitar 5 menit.
      Tempat dan bdn kucing jg gk boleh lembab.

  37. maaf mau nanya. q br beli kucing angora hitam. bulunya lebat . ternyta disebelah kanan dan kiri dekat perut kyak ada benjolan menggumpal jadi satu sma bulu nya. itu apa ya ? bahaya ga ?
    thanks

  38. bukan itu mas. benjolannya bukan kyk puting . agak besar lg . dan bentuknya kayak bulu menggimbal. dan letaknya bukan diperut pas gt . disamping kanan kiri mas. kucingnya cwok mas. td tak cek menyatu sma kulit gt mas

  39. mas, kitten saya sudah dimandikan pake sampo sebazole, kalo pagi saya kasih vco, trus pake salep mekonazole tapi kok kalo sore di tempat jamurnya muncul kerak lagi ya… bingung cara basminya…mohon bantuannya ya mas

  40. Popo, kucing saya matanya berair mulu gitu terus belekan. Udah saya bersihin pke air hangat dan dikasih tetes mata kucing tapi kok gak sembuh2 ya?
    Terus disekitaran mulutnya itu ada item2 gitu.. kalau dibersihin sih bisa tapi susah dan nggak bersih. Itu apa ya po?

    • Kucingnya jenis pekenose?? Klo pekenose kebanyakan mmg suka belekan.. makanya lebih extra mbersihinnya..
      Obat tetes mata nya pke apa slama ini mbak/mas?
      Klo yg skitar mulut itu spt apa ya? Mgkn jamur? cb disikat aja waktu mandiin.

  41. kucing qu ada jamur di sekitar leher,, gmn ya cranya biar jamurnya itucepat hilang??? dimandi’in juga ssh soalnya dy lincah ce,, trus jga kucingnya ska ada di kamr mandi,, apa itu penyebabnya??,, apa jamur berpengaruh jga pada kegemukan kucing???
    trus nafas kucingnya jga kyk orang mendengkur,, itu knp ya???
    bingung 😥

    • Jamur biasanya bisa terjadi krn:
      1. Tempatnya yg terlalu lembab..
      2. Pakan yg gak cocok
      3. Kurang kering wktu hbs dimandikan
      Cari tau penyebabnya dl..

      Utk pengobatannya bs dioleskan salep jamur..
      Dimandikan dg shampoo anti jamur..
      Pastikan tempat tdr kucing gk lembab

      • Popo saya mau tanya., klo ngasih salep anti jamur ketoconazole itu., nti kalau kejilat sama ipusnya gmn.,!? Agar tidak d jilas cara pemakaian yg baiknya seperti apa., mohon bimbingannya., trima kasih.,

        Pin : 284ebdd7

  42. maaf mas ato mbak, mau tanya lagi,, di perut dan di ekor kucing qu ada jamur dan jamurnya itu kyknya udh lama smpek-sampek sya pegang kulitnya jadi lengket, kira-kira itu bisa di obati apa enggak cranya gmn ya, bahayanya apa??
    makasih 😥

  43. Popo..sy lg kesel deh..kucingku si felix hidungnya kyak yg luka dan berair,lama2 jd menghitam. Lalu menjadi kering..coplok deh kulit warna hitamnya..hidungnya bersih lalu menghitam lg..penyakit apa itu? Dan kyak yg gatal bnget..kesian ..sampe sy ikutan stress mikirinnya..

  44. kalo kitten usia 1 bulan kena jamur diobatin apa ya sist? kalo mandi gak mngkin krna usianya yg blm layak mandi jamur. salep pasti dijilat sm induknya. skrng sya gunakan VCO, tpi sprtinya agak lama penyembuhannya. Adakah saran lain sist?

    terima kasih sebelumnya.

  45. popo,,mau tanya ni,
    aku baru beli kucing perisa katanya penjualnya sih umur 11 bulan,
    nah dapet 2 hari aku lihat dibagian belakang kuping deket leher itu ada luka kecil,,
    nah takutnya kena jamur,,aku kasih saleb scabicied,,tapi sama kucingnya malah digaruk eh malah keluar darah,,
    itu gimana ya cara ngatasinnya??
    trus ap luka itu termasuk jamur ato bukan?

    sampai bingung mau ngapain ni luka,,
    mohon bantuannya,,thanks n_n

  46. Ping-balik: The Trends Today jual kucing persia medium bandung | The Trends Today

  47. Saya jijik kalau memandikan kucing soalnya bulunya sperti tikus kalau memandikan ke petshop tidak ada kernjang jauh pula gimana solusinya? dan kucing saya juga kena jamur cara bwah ke dokter.nya gimna? minat saran.nya !

  48. popo saya mau tanya saya baru nemu kucing kampung kecil sekitar 1-2 bln, bulunya ada yang kering saya bersihkan paku tisu basah terus lamalama malah terkelupas terliat kulitnya, saya kasih minyak tawon aman ga ya..malah sekarang makin lebar itu kenapa ya..

  49. Popo mau tanya kucing saya umurnya baru 1 bulan. Dan dia kutuan sama jamuran. Kira-kira obatnya apa dan boleeh dimandiin tidak. Karena saya sudah geli liat kutunya

      • Kucingku persia medium suka garuk2 kupingnya,kyae sih gatel. Lama2 ku perhatiin klo abis dmandiin diujung rambut ada bintik2 putih,pdhl biasanya gak ada. Waktu rambutnya udh kering,bintik2 putih itu gak ada. Krna penasaran,2 hari kmudian ku mandiin lagi,trs ku perhatiin lagi rambutnya,trnyta mmg muncul lg . samar2 bergerak sdikit2 kya kutu. Itu kah namanya kutu kucing?stlh ku periksa lbh dalem (krna rambutnya pnjg bgt),di pangkal rambut dkt kulit,ada kya ketombe kecil2. Itu telur kutu atau ketombe? Soalnya banyak bgt trnyata,sampe merinding..slama ini gak merhatiin sdalam itu. Mohon infonya yg lgkap bserta solusinya 😥

      • Itu namanya kutu bulu.. kadang ada jg yg warna nya hitam mirip kutu yg ada di beras..
        Biasanya kucing garuk2 telinga jg krn ada kutu telinga ato biasa disebut earmites..
        Solusinya bisa rutin grooming dg shampoo dr imo yg flea and tick.. utk earmites bs pakai earmites buster.

  50. Kak aku mau tanya, Kucing Ku betina Persia, itu bulunya rontok, terus banyak bintik2 hitam mirip kayak telur kutu tapi lebih kecil sekalu, padahal aku check Gak kutuan.. Itu apaan ya? Mohon jawabannya kakak… Thanks

  51. Kucing saya kehilangan nafsu makan sdh hmpr 4 hari,dikaki pertma muncul sejenis koreng/borok menghitam besok ad ya dimuncul ditmpt lain skrng semua kakinya kena.ada sekitar 5 koreng badan ya lemas bngt ga mau makan atau tidur gimna ya cara ngobatin ya mohon bngt bantuan ya

    • Klo koreng yg d kaki kemungkinan itu jamur. Bs diobati dg cara di salep anti jamur & grooming dg shampoo anti jamur.
      Utk nafsu mkn bs diberi kuning telor+madu.. ato selingi makannya dg paka basah

  52. min, saya nemu anak kucing kampung 2 ekor. kasian ga ada induknya…
    itu kucing masih kecil banget, kayanya umur 1 bulanan kurang, matanya aja masih ber air + ada bekas beleknya.
    Lalu kucing itu banyak kutu.
    Nah itu anak kucing boleh ga di mandiin pake shampo kucing sweet?
    tapi ga ada tulisan untuk kutu, cuma ada tulisan untuk jamur dll.
    kebetulan saya juga punya kucing mix persia sih…

  53. Selamat malam popopetshop saya punya kucing persia nih, kemaren2 bulunya rontok banget sampe keliattan kulitnya dan kayak ada seperti ketombe terus kulitnya kering dan seperti berkerak, itu tepatnya termasuk terkena jamur atau serangan kutu? Makasih ….

  54. Min mau tanya, ak baru adopsi kucing, menurut org petshop ny umut nya sdh 2 bln lebih, tp kondisi kucing kurus bgt. aku bawa ke dokter hewan pun blm berani kasih vaksin, dan kucing mulai diare dan belekan jd nya kotor banget. kondisi begitu apa boleh di mandikan,,,

  55. Kucing kenak jamur parah hmpir sluruh bdannya kkenak
    Şɑ̤̈̊ўǎ baru awal ngrwat kcing persia
    Jd saya krang tau pnyakitnya
    Şɑ̤̈̊ўǎ sbuk dgn uas kuliah Şɑ̤̈̊ўǎ smpai2 Ъќ tau keadaan kcing Şɑ̤̈̊ўǎ
    Kcing Şɑ̤̈̊ўǎ persia baru umur 7 bulan kenak jamur awlnya Şɑ̤̈̊ўǎ Ъќ tau ada kumpuln htam dekornya
    Trnyta jmur Şɑ̤̈̊ўǎ bru tau ťřųŝ Şɑ̤̈̊ўǎ ksih minyak zaitun rontok S̤̥̈̊є̲̣̣̣̥м̣̣̥̇̊ΰɑ̤̥̈̊ tp bulu kcing Şɑ̤̈̊ўǎ pda botak tnggl klitnya Şɑ̤̈̊ўǎ takut kcing Şɑ̤̈̊ўǎ mati
    Şɑ̤̈̊ўǎ ♏ª☺ manddin tapi Şɑ̤̈̊ўǎ tkut tlong ksih sarn Şɑ̤̈̊ўǎ Ʊϑaђ Ъќ tau ♏ª☺ gmn ♏ª☺ kdkter Şɑ̤̈̊ўǎ tkut krn kcingnya blunya tnggl dkit gmna srannya tlong bals cpat

  56. Kucing saya kena jamur hmpir ssluruh badannya dn saya kasih minyak zaitun pada rontok dan hmpir sluruh badannya botak dan kurus
    Saya harus gimana saya bru awal jd saya Ъќ tau bgtu pnykit kcing
    Kcing saya persia
    Skrng saya mauu mndikn tp bdnnya krs dn tk ada blu
    Umrnya 5blanan
    Tolong ksih saran saya tkut kcing saya mati

  57. maaf, saya mau tanya. salep Chloramfecort itu memangnya bisa untuk kucing yah ? soalnya itu kan buat manusia?? mohon jawabannya ,terimakasih 🙂

  58. tanya gan, sy pny kucing persia medium usia 6bln, apa merk shampoo yg baik utk mencegah kutu & jamur dgn harga terjangkau(sesuai kantong mahasiswi)? 😆 kucing sy sehat, tp suka dsamperin sama kucing luar..khawatir ketularan kutu&jamur. Thanks gan..

  59. sy punya kucing kampung kira2 umurnya 6 tahun lebih. skrne sering batuk2 dan bersin2 terus keluar ingus. apakah kucing sy flu sperti manusa atau terkena sakit apa y? apa obat yang tepat untuk mengobatinya ? mohon jawabannya segera ,,,, thank’s .

  60. Popo, aq mau tanya kucing persiaku umur’y akhir2 ini suka garuk2 truz kya suka gigitin bulu’y.. Tadi aq mandiin ada kutu’y.. Aq sempet googling cara buat matiin kutu pada kucing pake mama lemon.. Nah, kan kebetulan brng’y ada d’rmh jadi aq pake aja tp setelah d’bilas aq mandiin lgi pke shampo yg 1petcare.. Nah, itu d’bulu’y ada kutu tapi kok gak ilang yaa.. Dan dia masih suka garuk2 Klo pke shampo anti kutu itu bagus yg mna ya, yg lebih efektif.?? Sma vitamin buat mengatasi bulu kucing yg agak rontok merk apa yg d’recomendet.??
    -trims 🙂

    • bisa pakai produk JUSZ SPRAY untuk ngilangin jamur di kucing tanpa harus dimandiin. cukup spray aja..
      klo untuk pemiliknya bisa pakai salep ketokonazole beli di apotek

  61. Popo, kalau kutu kucingnya sudah hilang boleh gak tetep dimandiin sm shampo anti kutu khusus kucing ?

  62. assalamualaikum… popo kalau kucing saya jamuran di pangkal ekor,,, itu ngatesin pake obat apa selain untuk anti kutu ? yg dijual di apotik biasa obat untuk manusia bisa juga nggak? nama obatnya apa ? tkyu sblmnya

      • Maaf mauk tanya. Saya punya kucing persia mix anggora. Kucing baru saya berumur 3 bulan, nah tp bulunya kok belum lebet dan bagus ya? Cara bikin bulu kucing lebet tuh gimana ya? Atau apa emang kalo kucing persia mix anggora bulunya ngga bisa tebel dan bagus? Mohon jawabannya. Terimakasih 🙂

      • Kucing anggora mmg berbeda dg kucing persia..
        Bulu kucing anggora cm lebat dibagian leher dan ekor saja smentara bagian badan nggak bgitu lebat..
        Brbeda dg kucing persia yg bulunya lebat rata seluruh badan.

  63. Hai Popo salam kenal, saya punya kucing persia baru 1 bulan. Ada kutu di badannya dan belakangan jadi ada kerak di kulitnya dan kasar jika diraba apa itu jamur? Dan apa usia sebulan sudah boleh dimandikan?
    Terimakasih sebelumnya

  64. kak, mau tanya nih. kan kucing aku kena kena kutu di ujung telinga sama di lepitan paha kanan kayak bulu gumpal gitu. aku bisa pake VCO ato pake yg lain ya? itu kalo pake VCO cuma dioles aja apa sama dibersiin sama kapas? makasih sebelumnya 🙂

  65. Haloi mau nanya .. Kucing saya persia medium , umur 1 taunan .. Masih sangat aktive walaupun gemuk .. Nah semalem masih maenan sama saya pas pag” sperti biasa dia bangunin saya minta makan layaknya kucing” laenya .. Tapi kok tau” di atas mata botak engga ada bulunya .. Saya cek kupingnya kotor sekali .. Kebetulan mata kiri .. Nah anehnya kuping kiri kotor kuping kanan engga kotor .. Terus jadi sering jilat” kaki nya .. Makan rakus , minum rakus itu kenapa ya ?

  66. hai popo, mohon masukannya.
    kucing aku sakit, sekitar lehernya ada kerak kalau aku google katanya seperti jamur ringworn, aku udh bawa ke dokter tp kata dokternya itu infeksi,dan di garuk ama cat aku jd berdarah. Dan sama dokter semua kerak dibersihkan pake silet alhasil kucing aku jd botak dan merah sepanjang lehernya, aku dikasih obat dan salep juga.

    ini udah sebulan, kucing aku tetep blm sembuh dan ga tumbuh bulunya (dia jg bandel suka garuk2, aku jg teledor baru kasih collar, krn sblmnya ga tega).

    kata rs dia ga boleh dimandiin dulu krn masih lecet lukanya, aku ga pernah pake salep dr dokter cuma sekitar 10 hr aja soalnya kucing aku jd makin gatel dan ga ada perkembangan jg pake obat itu.

    aku pusing liat kucing aku jd botak jelek, dan luka leher makin membesar dan kerak mucul terus sekitar luka dan leher. bagian badannya bulunya rontok parah dan skrg agak botak tp ga luka tp ada bintik2 hitam kecil dikulit badan.
    aku sampe mau rawat inap krn ga tega liat keadaannya tp aku masih mahasiswa dan perawatan dokter daerah rmh aku lumayan mahal.

    mohon masukannya apa aku kedokter lg aja tp ganti dokter ? apa aku rawat sendiri saja, atau bagaimana?. brp lama seharusnya bulu kucing tumbuh setelah disilet bgtu. (lehernya pernah tumbuh bulu dlm sebulan ini, tp copot lg bersama kerak/luka yg terkelupas).

    maaf sebelumnya tulisan aku panjang sekali.
    terima kasih

      • Dr dokter dikasih garamycin krn katanya infeksi aja.
        aku udh ga pake itu jg.
        Aku cuma kasih virgin coconut oil buat bersihin kerak2aja.
        Kucing aku udh mendingan. Bulu nya udh tumbuh tp kalau collarnya lepas dia bakal garuk2 lg sampe berdarah dan ada cairan lengket.
        Sampe skrg dia harus terus pake collar dan kadang kerak suka muncul lg.
        Apa kucing aku harus ketergantungan collar terus? Ada solusi lain?

        Terima kasih

  67. po kucing sy menderita scabies.
    walaupun blm parah2 bgt si krena sy g mau pengobatannya sampe telat akhirnya sy bawa ke dokter sudah di suntik ktnya minggu dpn balik lg untuk suntik ulang dan jgn dimandiin bgt kt dokternya.
    nah sambil nunggu suntikan kedua blh sambil di ksh vco ga ke scabiesnya ?
    mksd sy biar lebih ampuh pengobatan luar dan dlm jd bs cpt pulih.
    oh iya klo shampoo jamur terjangkau dan bagus apa ya ?

  68. newbie mau tanya gan
    1.klo mandiin kucing sering” akibatnya apa? soalnya kucing saya klo poop suka ikut kena kakinya
    2. kl bulu rontok trs ada kuning” di sekitar mulut itu jamur atau apa? cara ngilanginnya gimana?

  69. Mas shampo yang bagus untuk menghilangkan kutu dan jamur merkny apa ya dan brpa harganya.. Klo terkena jamur di mulut klo dpakein salep boleh gg nnti kalo terjilat gimana.
    Mohon blesanya tq…

  70. kucing saya kutuan, saya sdah mandiin badannya yg udah botak di gigit kutu itu bulunya bisa tumbuh lgi ngk?

  71. saya punya kucing norwegian yang bulunya panjang beberapa hari lalu baru ketawan dia kena jamur, sama dokter udah dikasih suntikan buat membasmi spora dikasih obat minum, terus saya mandiin 3 hari sekali pake sebazole, tiap hari saya kasih bedak anti jamur juga, tapi usaha udah segitu banyak jamurnya tetep nyebar cepat tapi setelah dimandiin ketombenya mulai berkurang dan tambah masalah baru masalahnya bagian yang berjamur tuh rontok, rasanya kalo kucing kesayangan jadi gitu buat saya khawatir banget, apa kucing saya pasti sembuh dari jamur dengan perawatan seperti itu? terus ada obat yang bisa numbuhin bulu dengan cepat gak? perlu juga gak sih khawatir begini? soalnya takut juga kalo dia rontok
    mohon sarannya, makasih

    • Bisa tumbuh lg.
      Ada produk jusz spray buat pembasmi kutu & jamur. Dan bs jg buat numbuhkan bulu. Utk numbuhkan bulu ada jg vitamin ketwol & vitabooster.
      Kucing harus segera dikeringkan smp bnr2 kering stlh digrooming/dimandikan. Biar gk jamuran lg.

  72. Kucing saya dari awal dikasih makan universal, tapi saya mau ganti dry food lain,pernah coba kasih equilibrio tapi gak mau dimakan,sekarang makannya universal sama campur ayam kukus/ikan kukus,soalnya klo dry food aja gak mau makan. Gimana ya caranya biar mau makan dry food aja, soalnya klo pas gak ada saya di rumah gak ada yg kukusin ikan, trus kira-kira bagusnya saya ganti dry food apa ya yang mau dimakan sama dia

    • Klo mau ganti merk jgn langsung 100% ganti.. tp di mix dl pakan lama dg pakan Baru.
      Equilibrio bagus jg.
      Klo sering makan pakan basah harus rajin disikat giginya.. klo nggak bs bikin karang gigi.
      Banyak merk pakan di petshop.. pilih yg proteinnya tinggi bs bkin gemuk.

      • itu udah q campurin juga lho,gak langsung ganti biar gak kaget, Tapi ya gitu mpus nya gak mau. . .
        kira2 merk apa ya yang bagus dan disukai kucing. ..

  73. kucing persia ane kena jamur baru ketauan udah banyak di badan sama di kepala,untuk mengatasinya bagaiman mohon jawaban nya
    terima kasih

  74. Saya mau tanya,sya pny kucing kampung.Dia klo nfs sukanya ndengkur,trus di sekitar mulut,bulunya rontok (tapi bulunya kecil kecil) trus kulitnya kaya ngelupas tpi ngga ada bekas kelupassannya cuma kaya kotor tapi hrs di kelupas.Gimana solusinya ya.MAKASIH…..

  75. saya mau tanya, karena ktidak tahuan saya baru beli kucing persia kitten jalan 3 bulan wajahnya minim bulu seperti ada scrabbing gtu sperti koreng, kupingnya juga kotor itu apa ya? dan bagaimana penangannya? atas perhatianya terimakasih 🙂

  76. Popo mau tanya, perawatan anak kucing umur 1,5 bulan gimana? Kutunya banyak banget. Nanya ke petshop deket rumah, katanya kalo umur segitu belom bisa dimandiin, minimal 3 bulan baru bisa. Cuman kasihan liat dia garuk2 terus gara2 kutuan. Terimakasih

  77. berapa hari sekali kalau madiin si kucing?? trus kalau saya hbis madiin si kucing dia langsung lari trus main pasir padahal kucing saya blum kering msih agak basah. apakah bisa menyebabkan jamur dan kutu kalau msih basah trus main pasir?
    kalau menyebabkan jamur/kutu apa obatnya?? didaerah saya gak ada apotik hewan apa bisa beli di apotik umum??

  78. maaf bleh nanya lagi gak.dibagian belakang sebelah kanan dekat perut kucing saya ada yang warna merah gitu, itu apa ya? tapi dia jarang garuk lmayan bnyak sih kutu nya tapi aku udh cabut kutu nya dari bulu, tapi kayak ada warna merah gitu. umurnya sekitar 5 bulan. TOLONG YA INFO NYA

      • Mas…kucing persiaku usia 5 bln bulunya rontok..trus beli vitamin bulu gitu..bukan di pet shop sih..soalnya di kampungku gak ada pet shop..pas aq beli vit bulu itu katanya dioles ke bulunya kaya minyak rambut gitu trus baunya kaya bau minyak bulus..aman gak ya..ato tipu2 az jual vit bulunya..udah aku pakein baunya minta ampun, aq mandiin lagi dech

  79. mau nanya dong…kan kucing aku udah di mandiin tuh ya pake shampoo anti jamur dan emang jamur nya itu udah menyebar hampir ke seluruh tubuh, dan karyawan di salah satu toko yg biasanya sy kunjungi ngomong “kalo udah begini mending di suntik mati aja mba dari pada begini.” nah disitu sy merasa hopeless bgt, apa emang harus disuntik mati atau ada cara lain menyembuhkan jamur membandel dan buat tumbuh di seluruh buntut dan badannyaa tumbuh lagi? thx

    • Cara pertama..Tampar mulut karyawan yg bilang suruh suntik mati.
      Cara kedua pindah cari tempat grooming yg lbh profesional.

      Pengobatan kucing jamuran gk bs skali grooming langsung sembuh total apalagi klo sudah parah.
      Semua perlu proses dan ketelatenan pemilik kucing.
      Minimal saat pengobatan jamur grooming dg shampoo anti jamur sminggu 2x.
      Jika ingin lebih cepat bs dibawa ke dokter hwan minta suntik obat anti jamur.
      InsyaAllah jamurnya bs lbh cepat kering.

      • Hai, Popo..sy suka brows2 ttg perawatan kucing en sy suka cara anda menjwb pertanyaan2, apalagi masalah “tampar karyawan petshop” ini:))…Sy doakan Popo sukses slalu ya en bs bantu menjwb pertanyaan penyuka kucing lain

  80. Sya punya kucing anggora 2.semuanya jamuran.sya pemula jdi pas beli gk tau klu kucingnya jamuran.dh 1 bln lbih prwtan kdokter hewan.bulunya dah tumbuh tp jamurnya gk ilang2.kta dokternya sich dh gk apa2.slain sminggu skli kdktr drmh jg sya mndikn pke shmpo anti jamur to jmurnya gk hlg2 jg.mlh sya jg ikutn tertular.gmn cra ngobatinnya krna gtel bngt.anak sya jg kena

  81. Mas, saya nemu anak kucing di jalanan, jenis kucingnya kayanya anggora, diperkirakan kata petshop baru 5 harian, badannya penuh kutu, usia berapa kucing bisa dimandikan?

  82. Mas, mau tanya kucingku umur 3/4 bln.. Mendadak aku lihat bulunya banyak rontok di kepala sampai pitak…
    Ad sich bulu halus yang tumbuh, tpi kulit kepala nya kasar dan kaya berkerak agak hitam…
    Itu kucing ku kenapa ya?

  83. kucing saya terkena kutu itu cara penanganannya gmana yaaa….karna sejak itu badannya gk naik2 padahal dh dikasih susu kucing,,,,mohon penjelasannya mbak

    • Sudah dichek ada kutunya?
      Klo positif ada kutunya bs dibasmi dg spray kutu / shampoo anti kutu.
      Utk badan yg gk gemuk2 ada kmungkinan krn cacingan.
      Beri obat cacing rutin dan vitamin2.
      Atau bs juga diberi kuning telor/ayam rebus utk menambah berat bdn nya.

  84. mau nanya dong kucing saya bulunya rontok parah, sebaiknya dikasih apa ya supaya bulunya tidak rontok?

  85. kucingku 2,trs yang satu kyknya kena jamur,,,,kira2 itu bisa nular ke kucing yg satunya ngk?
    tolongg dijawab,,,thanks

  86. saya kemaren dikasih kucing sama adik saya .. kucing kampung biasa mas. terus gimana cara mandiiin kucing kampung mas ? secara gitu kucing kampung ga terbiasa mandi sprti kucing2 peliharaan mahal (persia,anggor dll)

    mohon pencerahannya mas …

  87. saya punya kucing dia kurus sekali. susah makanya. saya pernah bawa ke mantri hewan tapi hanya disuntik vit. masalahnya dari awal di adobsi saya yakin kucing itu penyakitan karna bulunya banyak sekali seperti pasir tapi ga bisa copot. apakah itu telur kutu? dia sering garuk2 bagian telinga dan menjilati pantatnya. waktu itu malah sempat daging pantanya keluar. karna kucing saya hitam jadi ga terlalu kelihatan ada kutunya atau tidak.. dan cara mengobatinya bagaimana?

      • Ka kucing aku tiba2 suka garuk2 gitu pas dilihat badannya bersih tp ada bintik2 hitam diatas kepalanya dan suka garuk2 telinga juga,apalagi kalo dikandangin dia trs garuk2 gitu dan gabisa tidur,bisa tidur kalo dilantai doang-_-
        Aku takut dia kenapa2 tolong sarannya kaa:'(

      • Bs jd krn banyak kutu dibadan&telinga nya.
        Bs basmi dg shampoo anti kutu.. tetes telinga anti kutu.
        Atau bs dg JUSZ SPRAY. Tinggal spray utk basmi kutu2nya.

  88. Apa beda nya kalau kita mandikan kucing kita d petsop sprti mandi kan jamur/kutu, mandi bersih ,dan mandi bulu
    Beda dari semua itu apa iya

  89. Hi..
    Mau tanya..
    Kitten saya usia 3 minggu. Ada telur kutu tertular dr induknya. Cara terbaik ngobatin kutunya gmn untuk kittèn? Apa boleh dimandiin? Kalau induknya boleh dimandiin?

  90. Pagi..
    Maaf numpang tanya saya punya kucing,kucing sy itu telingan nya sebelah kanan kayak kotor gitu ?? itu susah banget hilang gimana cara hilanginnya terus dia cakar-cakar kayak banyak kutu sampo apa yang bagus padahal dua minggu sekali suka saya mandiin,

    Terima Kasih

    • cb telinga nya dibersihkan pakai cotton bud yg diberi imo earmites buster.
      shampoo kutunya bisa pakai imo flea and tick.
      grooming / mandi nya harus bener2 kering. sebab kalau tidak bener2 kering bisa menjadi sarang kutu dan jamur.

      • Kak mau tanya. Kalo misal habis mandi terus di keringinnya dengan cara di jemur gitu boleh engga? Makasih

      • boleh. cuma proses pengeringan bakal lebih lama daripada dikeringkan dengan cara pakai blower.
        biasanya pengeringan dg cara dijemur jg kurang sempurna keringnya (bagian luar kering tp bagian dalam masih lembab).
        kondisi seperti itu bisa menyebabkan berjamur

      • Mau tanya..
        Cara ngilangin telur kutu yg nempel di bulu kucing gmn ya?
        Byk telur2 kutu nempel. Kalo kutunya sudah hilang, telur yg mati kan masih nempel.
        Saya masih pemula, kucing saya persia.

  91. Mau tanya dong kalau banyak kutu di seluruh tubuh anak kucing anggora cara ngatasin nya gimana ya? Saya gak tega, soalnya bulu nya sama badannya ampe abis digigitin.. Jadi kayak cecel boncel gitu..

  92. Sore,

    Saya punya kitten usia 2 bulan..sptnya kena jamur..untuk mengatasinya cukup di mandikan dengan shampo anti jamur atau hrs di bawa ke dokter?..shamponya apa yg bagus dan harganya brp?

    • menghilangkan jamur bisa dg cara digrooming (dimandikan) dg shampoo anti jamur, kemudian diobati dg obat jamur (ada dlm bentuk salep, dan spray).
      untuk harga masing2 produk bisa hubungi popo petshop – 085200795758 / pin: 2C03B5BD

  93. Mas kucingku di bulunya banyak kaya telor kitu tpi bisa jalan kecil2 bngt kutu yg besar2 juga ada ketularan kucing temen cara ngilanginya gmana yah kasian kukur2 terus

    • bisa digrooming (dimandikan) dg shampoo anti kutu. kemudian diberi obat kutu (ada dlm bentuk tetes, dan spray – bisa dibeli di petshop2 terdekat). jaga kebersihan kucing dan lingkungan sekitar agar kucing tidak terkena kutu lagi.

  94. Hai salam kenal… Mau tanya nih kucing saya terkena jamur ters saya obati dg ketoconazole… Lalu setelah itu saya diamkan dia pas saya liat dia sedang jilat2i salep yg menempel pada tubuh yg diolesinya… Saya tinggal tidur tiba2 saya trbangun mendengar ngeongannya pas say cek di kandangnya terlihat cairan putih seperti bekas muntahan… Apakah itu benar muntahannya atau apa saya kurang mengerti tp yg nampak kucing itu nampak jadi pendiam dan tidakmau sentuh makanan dan minuman yg saya sediakan… Solusinya apa ya dan apa yg terjadi trhadap kucing saya trsebut?

    • bagusnya klo kucing diberi obat oles, usahakan jgn sampai terjilat, misal bisa diberi collar dilehernya agar kucing tidak bisa menjilat daerah yg sedang diobati.
      atau bisa pengobatannya diganti dg menggunakan obat spray yg aman jika terjilat.

  95. Boleh nanya ga. Kan kucing saya jamuran trus lgsng d suntik buat jamur gitu terus d kasih salep . apa gabakal tumbuh lagi jamurnya terus . klo si jamurnya kesisir apa tidak akan terasa sakit untuk si mpus nya ???

    • jamur tumbuh lagi atau ngga tergantung kebiasaan cara perawatan pemilik kucingnya. klo kucing selalu dlm keadaan lembab bulunya, bisa dipastikan jamur bakal balik lagi, krn jamur suka ditempat2 yg lembab.

    • bulu rontok atau botak bisa disebabkan krn jamur/kutu. basmi jamur/kutu yg ada dibulu kucing dl. kl jamur dan kutu udah gk ada, insyaAllah bulu2 bisa tumbuh lg lebih sehat.

  96. Min, mau tanya, persia saya umur 4 bulan, saya kasih royal canin bagus ga ya untuk bulu dan bobot nya? Terus sering pakaikan bedak kucing 2 hari 1x, apa pengaruh dengan kesehatan bulunya?

    • bagus. utk pakan kucing ngga harus yg mahal. yg penting kucing suka, dan kandungan vitamin dan protein dlm pakannya jg bagus.
      utk pemakaian bedak yg penting bulu kucingnya dlm keadaan kering.

  97. popo saya mau nanya kucing saya di pinggiran luar telinganya kayak luka2 gt dipegang kasar gt, itutuh jamuran atau emang luka ya? dan sebaiknya dikasih obat apa? dan bulu kucing saya juga rontok bgt digendong aja suka rontok banyak, itu krn jamur atau kutu ya? trimakasih

  98. Mas kucing saya kena jamur usia kucing saya baru 1 minggu lebih gimanaya cara ngobatinya kan kalo umur segutu belom boleh di mandi in kalo pakai salep takutnya nanti di jilatin induknya

  99. Mas kucing saya kena jamur umurnya baru 1 minggu lebih gimana ya cara mengatasinya kalau umur segitu kan belum bisa di mandikan kalau pakai salep takutnya nanti di jilatin induknya

  100. Si kinos kucing saya terkana jamur, udh jalan 3 minggu, sya pun krna gak sabaran biar dia cept sembuh selalu mandiin dia klo gak 2hari sekali kalo gak tiap hari, tpi kok kayanya jamurnya makin banyak dan nyebar kemana” yaah ? Solusinya dong

    • Padahal saya mandiin dia pake shampo anti jamur, kemarin saya beli di catshop kata masnya direndam pake air hangat sekitar 10menit bru nnti di bilas bersih, tpi heran kok jamurnya kemana mana, awalnya cuma dekt telinga nah sekrg udh hmpir semua bagian badanny, umur si kinos masih 2 bulanan jalan 3 bulan, tolong dong bantu infonya

    • untuk menyembuhkan kulit dari serangan jamur, bisa dengan cara :
      1. digrooming atau dimandikan dengan shampoo khusus anti jamur.
      selama pengobatan, grooming minimal dilakukan 2x dalam seminggu.
      2. saat mengeringkan bulu setelah grooming, pastikan bulu dalam keadaan benar-benar kering. bila perlu, bantu dengan panas sinar matahari jg, karena bulu yang lembab atau masih basah akan menjadi sarang jamur.
      3. hindari tempat2 lembab.
      4. bersihkan kandang dan lingkungan sekitar kandang/tempat bermain kucing dengan karbol, sehingga saat kucing sudah bebas jamur, tidak tertular lagi dari kandang/lingkungan sekitar kucing.
      5. obati dengan obat anti jamur, ada yg berbentuk spray, salep, obat oral, dll..

      silahkan kunjungi blog baru Popo Petshop ya, klik:
      http://popo-petshop.blogspot.com/

  101. Mas, saya piara kucing kampung punya anak 5, baru umur 5 minggu pada jamuran, saya sudah kasih VCO (saya balurin semua badannya, bolehkan?)
    tapis anak kucing itu abis dibalurin VCO boleh dimandiin gak ya? kasian lepek2 gitu

    • Boleh dimandikan pakai air hangat dan dikeringkan smp bener2 kering.

      Sekedar info..
      Utk pengobatan jamur tanpa menjadikan bulu jd lepek bisa disemprot pakai biodin spray.

      Info&Order:
      POPO PETSHOP
      Jl.Ketilang No.13 Slawi
      085200795758/pin:2C03B5BD

  102. Makanan ato vit.biar bulu bisa bagus sma tulang/badan bisa optimal ap aj y ms?#kucing saia MC 7bln.nuwun Ms

    • Bisa pakai vitalysine hi-calcium / hair and skin.

      Hub:
      POPO PETSHOP
      Jl.Ketilang No.13 Slawi
      (10M Timur Lapangan Asrama Polisi Kalibliruk Slawi Kulon)
      085200795758/pin:2C03B5BD

  103. selamat siang mbak ,akang ,saya mau tanya ,,kucing saya bulunya rontok sedikit demi sedikit, cara menangani yg paling cepat dan efektif bagaimana ya ,keadaan kucing sehat2 saja ,cuman bulunya aja ..

    • mengatasi bulu rontok bisa diawali dengan :
      1. cari tau penyebab rontoknya dulu, misal krn kutu dan jamur, maka harus dibasmi dulu kutu jamurnya.
      2. lakukan penyisiran secara rutin minimal sehari sekali. penyisiran dilakukan dengan cara berlawanan arah tumbuh bulu (dari arah belakang ke depan).
      3. beri vitamin tambahan khusus untuk bulu dan kulit.
      4. jangan konsumsi makanan yg mengandung garam / asin karena bisa mengakibatkan bulu rontok.

      silahkan kunjungi blog baru Popo Petshop ya, klik:
      http://popo-petshop.blogspot.com/

  104. Saya mau tnya , kucing saya terkena jamuran . Itu biasa dimandikan berapa kali yah ? Soalnya kucing saya masih berumur 2 bulan ..
    Terima kasih

  105. Saya baru di kasi mpus
    Dan matanya keduanya sakit
    Saya kwatir terjdi apa apa
    Itu kenapa ya ?
    Apa saya langsung kedokter atau bisa cara lain yang bisa saya kerjakan senddiri?

    • Sakitnya gmn? Gk dijelaskan scara rinci, gk ada fotonya jg.
      Klo cm kotor, bs dibersihkan pakai kapas/tisu, + dksh obat tetes mata.

      Tp bagusnya dibawa ke dokter aja biar bs dichek langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s