Tips Merawat Anak Kucing

Cara merawat anak kucing , Setelah lahir anak kucing harus diberi makanan yang alami (susu ibu) dalam waktu 10-20 menit. Jangan lupa untuk juga memberi makan induk kucing makanan dan air minum saat dia menyusui anak mereka.

 

Anak kucing dapat memakan makanan padat pada usia dua sampai tiga minggu. Sisihkanlah uang untuk memberi mereka makanan komersial maupun susu komersial khusus anak kucing. Dalam masa pertumbuhann seperti hindari untuk memberi susu sapi atau susu kambing karena masih belum dapat dicerna dengan sempurna karena mengandung laktosa.

 

Salah satu permasalahan pemilik kucing adalah sifat kucing yang selalu buang kotoran sembarangan. Untuk mengantisipasi hal ini sejak dini maka sediakan dua buah nampan untuk mengganti kotoran dan ganti nampan-nampan tersebut secara teratur pada siang hari. Secara alami anak kucing akan membuang kotoran disanan pada usia tiga sampai empat minggu.

 

Untuk induk kucing yang menyusui sebaiknya atau mungkin harus diberi obat cacing setiap bulan. Dan untuk anak kucingnya sendiri harus diberi obat cacing setiap dua minggu. Dimulai pada umur dua minggu sampai berumur tiga bulan.

 

Anak kucing anda dapat disapih mulai umur delapan minggu. Pada tahap ini induk kucing akan tidak selalu bersama anaknya hingga harus diberi makanan padat.

 

Supaya nantinya kucing tidak bertindak agresif dengan manusia. Maka anak kucing harus melakukan kontak terhadap manusia pada umur setidaknya dua sampai tujuh minggu.

 

Supaya kucing tidak menyusahkan anda, Berilah banyak rangsangan baru yang tidak mengancam tentunya. Misalkan saja bunyi-bunyian maupun bertemu dengan binatang lain.

 

Jangan lupa untuk mengetahui sifat anak kucing, supaya anda dapat menebak suasana hatinya

Jika andak kucing setengah matanya tertutup kemudian memutar sedikit telinganya kesamping itu menandakan anak kucing sedang merasa nyaman

Jika pupil mata membesar itu artinya sedang terkejut

Jika anak kucing mengarahkan telinga dan membuka mata lebar-lebar, itu berarti anak kucing ingin bermain

Jika Mendongak dan menggerakkan kepala ke belakang, itu artinya mungkin seseorang sedang mendekatinya terlalu dekat

Jika sedang mengarahkan telinga, memutarnya ke belakang dan juga mengecilkan pupil mata. WASPADALAH! Anak kucing sedang MARAH.

 

Semoga membantu anda dalam merawat anak kucing anda.

59 comments on “Tips Merawat Anak Kucing

  1. Mohon pencerahan, slah satu anak kucing saya umur 20 hari ( maaf ) area duburnya basah dan disekitar anusnya ada cairan kuning. Tetapi tidak terjadi dengan 3 anak kucing lainnya. Apakah sakit atau bagaimana?

  2. mau nanya yang lain dong. kucing sya umur 4 bulan setengah kalo di kasih makanan kering dia makannya sedikit kalo dikasih makanan basah banyak. pertanyaanya baik ngak sih kalo di kasih makanan bash terus

  3. Gimana cara ngajarin kitten supaya bisa pup di bak pasir kitten saya baru 1,1 bulan kira kira udah bisa di ajarin belum ya????

  4. Saya punya anak kucing umurnya masih 1 minggu, tapi gak ada induknya. terus gimana itu perawatannya? kalau misalnya dikasih susu kedelai apa boleh?

  5. gan kalau induk kucingnya BABnya encer,nd berpengaruh ke anak kan ? kalau bayi kucing umur berapa baru bisa dikasih makan?dan makanan apa yang baik
    ?

    • Nggak ngaruh.. kitten mulai bisa blajar mkn biasanya umur 1bln. Indukannya dksh pakan buat kitten..jd nanti pas kittennya udh blajar mkn bs langsung ikut makan pakannya.

  6. Maaf,saya punya 2 kucing sama2 betina,umur 2 bulanan .tapi mereka sering berantem terus kalau di dekatkan kenapa ya?

  7. Mau nanya dong.. Anak kucing saya umurnya 5 hari ada 4 ekor sama induknya ditaruh ditempat bawah tangga ( tempatnya sempit banget) akhirnya salah satu dari mereka mati gara gara kegencet… Saya bingung gimana cara mindahin tempat agar si meong gak ke tempat bawah tangga lagi.. Kira kira harus tempat kayak gimana ya ?

    • Pakai kandang utk kucing .. di petshop2 ada.
      Klo bs yg ukurannya lumayan luas. klo untuk indukan dan anak2nya..minimal kandang yg 90cm.
      Lebih baik slama msh menyusui dikandang saja biar gampang.

  8. kalo anak nya hilang gimana cara menemukannya? terus kalo anaknya kurus2 supaya jadi gemuk dikasih makanan apa ya ? kalo ikan tongkol atau asin bagus ga buat kesehatannya ??

  9. ka mau nanya deh, aku punya anak kucing 4 baru umur 20 hari..
    anak yg paling besar kalo dikasih susu dari dot langsung cepet banget nyedotnya..
    tapi setelah itu kenapa dia lemes banget ya :” suaranya jadi ilang,kakinyaa gakuat digerakin yg belakang..dia kenapa ya?
    apa mungkin gara2 kekenyangan?anak kucing gaboleh kekenyangan ya?

      • susu beaphar yg untuk kitty ka..induknya suka ilang2an ka
        sehari cmn nyusuin 2x dan cmn bentar2an kira2 15menitan abis itu dia ngebolang lagi..
        ohiya ka mau nanya, anak kucing kalo pupnya cair normal ga sih?dia makannya cmn susu aja sih blm dikasih makan yg lain2..

      • Mending slama nyusuin jgn diumbar tp dikandangin..
        Pup cair gk normal.. itu namanya mencret.. klo ksh susu jgn kental2.. encer saja biar gk mencret

  10. Numpang cerita & nanya, Ka aku punya 2 kucing yg 1 namanya Vanessa (betina) dia udah aku rawat selama 2 bln dan umurnya skrg itu 4 bln. Yg satu lagi namanya Mika (jantan), dia baru berumur 1,2 bln dan baru hari ini aku rawat. Nah setelah di temu mukain sama si vanessa, si vanessa malah marah dia ngeluarin suara bergeram trus setiap liat si Mika. Berantem sih ngga tp stiap langkah si Mika di ciumin sama si Vanessa. Bagusnya gmn yaaaah Ka

    • Gpp.. smua butuh proses adaptasi..
      Adaptasi lingkungan / tempat baru buat kucing yg baru dtg..
      Adaptasi temen baru buat kucing lama.
      Nanti inyaAllah lama2 bisa akur sendiri. Apalagi msh kcil2..
      Btw kucing barunya umur 1,2bln? Gk kekecilan? Bknnya umur sgitu msh nyusu induknya ya?

  11. Dok mau nannya nih gimana kalo kitten umur 1 bulan tapi induknya udah gak ada, sebelumnya dia nyusu sama induknya semenjak induknya gak ada udah gak pernah nyusu. Terus saya kasih makanan kering tapi dia pup terus itu kenapa ya?

  12. sy di kasi teman sy anak kucing yang di tinggal induknya ,umurnya mgkn sktr 1 bln . selama 2 hari ini saya kasih susu kental manis sm roti , bahaya gk ?
    trus sy juga udah terlanjur kasi biskuit coklat ,sy baru tau kalau coklat bahaya buat kucing shari setelah sy kasi .

    • Jgn dksh susu kental manis sm biskuit coklat..
      Klo mo ksh susu bs pke susu khusus kucing atau susu SGM yg LLM non laktosa.
      Coklat gak bagus buat kucing..
      Konsumi coklat yg terus menerus dlm jangka panjang bs mengakibatkan kematian

  13. Saya mau tanya, anak kucing saya lebih suka makan makanan kering yang sudah terkena air atau basah, ketimbang makanan kering yang tidak terkena air. Mungkin karena sudah tidak keras, lebih lembek. Karena mangkok makanannya ada disebelah mangkok minuman. Apa bahaya buat anak kucing saya?

  14. mau tanya, aku baru sehari dikasih kucing sama tmenku, usia nya 40 hari.
    susunya aku kasih susu khusus kucing, aku ksih minyak ikan sehari 2x, makannya whiskas junior yg sereal tp aku kasih air agak bnyakan. terus aku suapin pake pipet. tp pus nya gak mau makan bnyak, minum susu jg gak bnyak. sukanya ngumpet di kolong. itu gmana ya? masih wajar apa gmana?

  15. kucing sy umur 2 mnggu ada 5 ekor, yg 2 ekor suka bgt mkn mknan induknya trs yg 3 gasuka mkn mknan induknya, apa itu bagus buat 2 ekor kucingku itu??

  16. Mau nanya, saya punya kucing 3 kucing dewasa umur 1 th, 2 th dan 3 th ( jantan semua ). Setiap kali bertemu selaluu berantem sampe luka2 badannya. Jadi selama ini selalu dipisah kandangnya. Apakah memang seperti itu??

    • klo jantan biasanya mmg slalu berkelahi stiap ktemu..karna mereka brusaha menguasai tempat mreka tinggal. kecuali mereka sudah akrab dr kecil..
      sering2 dideketin aja wlpun dlm keadaan dikandang. biar mreka terbiasa saling kenal.

      • Mau tanya saya punya kucing umur 4 bln saya baru pelihara 4 hari, 2 hari awal pelihara dia sehat” aja aktif main, makan. 2 hari ne dia gak mau makan royal canin ge dan muntah udh 5 kali kenapa yaa

      • Ke 3 kucing saya itu sudah akrab dari kecil, wong itu bapak ma anak. Dari lahir sy merawatnya. Mereka selalu bermain bersama. Ketika usia menginjak 1 thn molai beŕtengkar. Awalnya 2 kucing saja tp begitu yg satunya menginjak usia 1 thn ikut2an bertengkar. Jadi dech skrg 3 kucing saling bertengkar…. klo didekatkan walopun di dlm kandang teriak2, kyk melihat musuh. Melihat kondisi sptr itu, apa mungkin mereka bisa akur ( berbaikan ) ???
        Terimakasih jawabannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s