43 Fakta Unik Tentang Kucing

Kucing memang salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia, tapi sayangnya justru sebagian pemelihara kucing tidak tahu apa saja fakta-fakta tentang keadaan kucing.

Kalau kamu memang pecinta kucing, silahkan baca fakta-fakta unik tentang kucing di bawah ini :

  1. Kucing memiliki 30 ruas tulang belakang, yaitu 5 kali lebih banyak dari manusia
  2. Kucing memiliki 230 tulang, yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia
  3. Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya
  4. Kelenturan tubuh kucing sangat menakjubkan, kaki depannya dapat diputar ke segala arah dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan
  5. Pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing 65 khz, sedangkan manusia 20 khz
  6. Kucing memiliki mata terbesar dibandingkan dengan mamalia lainnya (dalam hubungannya dengan besarnya tubuh)
  7. Kucing tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina.
  8. Cakupan pandangan kucing 185 derajat
  9. Kucing memiliki indera penciuman 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta
  10. Denyut nadi kucing normal antara 110-170 denyutan per menit (jika anda ingin melakukan pengecekan denyut nadi lakukan di paha belakang di bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuh)
  11. Kucing menarik nafas sebanyak 20-40 kali per menit
  12. Suhu tubuh kucing normal 102 °F atau 38.8 °C
  13. Kucing kampung dapat lari dengan kecepatan 31 mile per jam
  14. Kucing memiliki system syaraf yang sangat sensitif.
  15. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya.
  16. Setiap kucing memiliki nose pad yang sangat khas, sehingga tidak akan penah ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama
  17. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suata wanita memiliki puncak yang lebih tinggi
  18. Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucing
  19. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita.
  20.  Rata-rata umur kucing 15-16 tahun.
  21. Untuk menentukan kesetaraan umur kucing dengan umur orang, mulailah dengan 20 tahun sebagai umur tahun pertama kucing, kemudian tambahkan 4 tahun umur manusia untuk setiap umur tahun kucing. Sebagai contoh : Jika kucing anda berumur 4 tahun berarti umurnya setara dengan 20 tahun (untuk umur 1 tahun) ditambah 3 x 4 tahun,yaitu setara dengan umur 32 tahun pada orang.
  22. Kucing memiliki daya penciuman yang sangat baik. Ini adalah alasan mengapa kucing tidak akan menggunakan kotak sampah kotor. Dan mereka juga memiliki pendengaran yang bagus.
  23. Kucing benci bau parfum. Mereka juga membenci aroma jeruk dan lemon.
  24. Kucing menganggap daerah yang memiliki bau amonia sebagai daerah eliminasi. Jadi, tidak dianjurkan untuk menggunakan amonia untuk membersihkan bau urin kucing.
  25. Seekor kucing mengetahui perubahan dalam suasana hati Anda, dan kadang-kadang itu akan mempengaruhi kucing Anda.
  26. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”. Kalau bahasa Jepang sering ditulis dengan kata “Nya”.
  27. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.
  28. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.
  29. Pintu khusus kucing (cat flap) yang biasa terdapat pada pintu rumah, ditemukan pertama kali oleh Sir Isaac Newton (penemu hukum gravitasi).
  30. Ekor kucing dipergunakan untuk menjaga keseimbangaan, terutama ketika sedang melompat atau berlari.
  31. Kucing memakan rumput dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung.
  32. Kucing yang sehat mempunyai suhu tubuh 38°C – 39.5°C.
  33. Kucing betina matang secara seksual ketika berumur 6-10 bulan, sedangkan kucing jantan pada umur 9 -12 bulan.
  34. Rata-rata jumlah anak kucing dalam satu kelahiran adalah 2-6 ekor.
  35. Dengkuran kucing (purring) tidak selalu menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang serupa dan lebih keras pada saat dalam keadaan stres atau kesakitan
  36. Semua kucing memerlukan taurine dalam makanan untuk mencegah kebutaan. Kucing juga harus mengkonsumsi sejumlah lemak dalam makanan karena tidak dapat memproduksi lemak sendiri.
  37. Ketika seekor kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan anda, ia sedang menandai anda dengan baunya dan menyatakan anda sebagai pemiliknya.
  38. Rata-rata umur kucing yang hidup di luar rumah sekitar 3-5 tahun, sementara yang hidup didalam rumah dapat mencapai umur 16 tahun atau lebih lama.
  39. Rata-rata waktu tidur kucing sekitar 16 jam
  40. Kaki depan kucing mempunyai 5 jari dan 4 jari pada kaki belakang. Kucing yang lahir dengan 6 atau 7 jari pada kaki depan dan tambahan jari pada kaki belakang disebut polidaktil.
  41. Kucing dewasa mempunyai 30 buah gigi, 16 buah di rahang atas dan 14 buah di rahang bawah.
  42. Ada sekitar 9600 helai rambut tiap cm2 kulit bagian atas dan sekitar 19200 helai rambut tiap cm2 kulit bagian bawah.
  43. Lidah kucing tidak dapat merasa karena kurangnya sensor syaraf perasa di lidah. Manusia mempunyai sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473 buah. Nafsu makan kucing terutama dipengaruhi oleh bau bukan rasa makanan.

130 comments on “43 Fakta Unik Tentang Kucing

  1. kucing saya kalau ada kucing lain suka tiba-tiba marah marah gak jelas .. itu kenapa ya sis? bisa minta tolong infonya .. trims

  2. Terima kasih infonya, kucing yang di rumah (jantan)sering sekali kelayapan, apakah umurnya juga bakalan pendek umur?

  3. poin 37, kucing saya menggosokan badannya ke kaki cuma pas dia lagi laper ªǰª. Trus beberapa kali kucing liar mengosokan badannya ke kaki saya. Pdhl Ъќ saya apa2in tu kucing.

  4. kata guru biologi sy, klo kita (yg cewek) sering bgt tidur ama kucing, ngelus2 , tidur seranjang itu bisa jadi mandul . Saya nggk tw knapa alasannya. pdahal pngen bgt pelihara kucing (T_T) nggk cuma kucing aja , binatang berbulu lainnya kyk hamster itu jg . knapa y ?😥

    • Guru biologinya suruh blajar lg.. Hehehe…
      Gk ada kaitannya kucing sm mandul.. Slama kita slalu jaga kebersihan kucing kita dan lingkungan skitarnya.. InsyaAllah nggak akan kena toksoplasma..

      • Bener itu min, kata drh langganan saya juga gag ada hubungannya, kalau kek gitu kenyataannya mana ada yang mau jd drh hihi😀

    • Wajar… Namanya jg laper.. Hehe..
      Crewet/nggak gak ada kaitannya sm jenis kelamin..
      Kmgkinan ada sebab lain..nggak cm krn laper makanya terkesan yg betina lbh crewet dr yg jantan.

  5. kucing saya ada dua, cewek sama cowok beda ortu. tiap hari ml 2x. kenpa nafsunya gede ya? saya kasih makan nasi ikan 3x sehari

  6. knp ya ku cingku suka tidur sama aku tiap ku di rumah sepulang kerja ? manja kah mas mba , bro sis ?

    • Nggak bener.. kmungkinan org yg sudah kena asma bakal sesak nafas krn kena bulu kucing.. biasanya org yg kena asma lbh sensitif sm udara yg dia hirup..

  7. tanya dong admin, kucing sya brkelahi dengan ular dan spertinya bgian mluty kna bisa ular, langsung berbusa, cra ngobatinya gmn ya??

  8. kalau ada kucing lain datang ke rumah saya terus saya main sama kucing itu
    kok kucing saya berantem sama kucing itu kenapa ya sis?

  9. kalau mau memplihara kucing, enaknya kucing betina / jantan ya ?? katanya jika kucing betina lebih halus bulunya, tapi kalau udh punya anak kucingnya ngurusin anakknya terus , klw buat mainan enak jantan , tetapi kalau jantan suka kencing sembarangan .. mohon sarannya ya ^^ termksh …

    • Tergantung kebutuhan.. klo mau diternakin.. mnding pilih btina.. cz bisa dikawinkan dg pejantan di petshop.
      Klo cm untuk peliharaan bs jantan.
      Tp bagusnya sih pelihara minimal 2ekor. Biar kucingnya tetep ada temen mainnya.

  10. Wah saya punya 2 kucing jantan Dirumah. setiap saya pergi mereka diluar nunggu saya dan ketika saya plg mereka ikutan masuk lewat pintu yg saya masuki.dan mereka berdua slalu mengikuti saya kalo lagi pergi kewarung. bahkan salah satu kucing saya slalu nyium2 saya kalo saya dekatkan muka saya ke mukanya. apakah kucing ini tandanya sangat nyaman dan sayang dgn saya ya sist?

  11. Saya mau tanya kucing saya udah 5 hari gak pulang2 kerumah, dulu dia juga pernah kelayapan hari ke 4 pulang tp ini udah 5 hari gak pulanh2, udah dicari dikompleks jg gak ada😦 saya mau tanya biasanya kucing mainnya diluaran berapa hari? Apakah dia akan pulang lagi?

    • Selama nggak diambil orang..kucing yg main diluaran akan pulang lg.. tp klo udh diambil orang ya gk akan pulang2..
      Saran saya mending kucingnya jgn dibiasakan kliaran d luar rumah..

  12. makasih ats info’y.sya ska bgt ma kucing.sya itu melihara kucing skitar 4 ekor.tp ad slah stu kucing sya yg mnurut sya agk aneh:D nama’y sengkuni(kyk yg di serial mahabharata itu:D dia jg bs ngedipin mta sebelah:D) si sengkuni itu selera’y bda am kcing lain,dia doyan bgt makan durian:D hadeh,abs dia mkn durian,eh malah batuk2 kyk mw muntah.itu krn ap yk?krn dia mkn durian atau krn dia keselek?mohon jawaban’y….

  13. Saya punya kucing namanya bubu, umur 3 bulan sis, dy suka bnget main kelereng, apa krn gk punya tmen ya sis? Trus klo gk sngaja mnghirup bulu kucing ada dampaknya gak ya sis?

    • Kbnyakan kucing suka mainan jnis bola..klereng dll..
      Klo bulu kucing sbnrnya gpp..tp klo terlalu serng mgkn bs bhy di pernafasan..
      Sbaiknya gunakan masker..

  14. Saya baru memelihara kucing jantan umur 2 bulan, tapi saya hanya memelihara 1 kucing. Ga apa2 ya ? Takut nya stres krna ga punya tmn ? Tp smpe skrng si kucing saya baik2 aja walau ga ada tmennya.. mohon balasannya. Trims

    • Bagusnya memelihara kucing atau hewan peliharaan lainnya minimal 2ekor (sepasang).. jd ketika kucing ditinggal sendirian d rmh dia tetap ada teman utk bermain..

  15. Thanks banget sist, bermanfaat banget.
    kalo kucing yg perutnya buncit itu kenapa ya ?
    trus kalo induk kucing yg sedang menyusui putingnya bengkak hanya bagian baris kiri aja kenapa ya ? sedangkan puting susu bagian baris kanan nya kempes. bermasalah ga ya sist ?

  16. saya punya kucing betina 1 dan anaknya 5. anak kucingnya itu suka saling cakar cakar dan gigit kaya berantem gitu itu lagi main atau emang berantem yah? oiya agar kucing dipanggil mau respon gimana ya caranya?
    makasih…

  17. Saya punya kucing anggora umur 5 minggu, bulu dibawah kaki kanan (ketiak kanan) ada yg rontok dan botak. Apa masih bisa tumbuh bulunya min? Dan gimana cara membalikan bulunya lebat seperti semula?

  18. Hai. Aku mau nanya nih emang kalo kucing dikasih ikan goreng bahaya ya ? Terus kucing saya suka sesak napas gitu, bisa disembuhin gak ya ?

  19. Min gua punya kucing hamil tapi dia masih punya anak yg umurnya masih 2 bulan dan masih nyusu , apakah boleh min kucing gua lagi hamil trus nyusuin juga

  20. kucing sya tiap malem tidurnya selalu pngen di perut kadang nindihin perut .. mau muter2 kesamping jg dia slalu pngen tdr di perut .. giliran sya tengkurep malah tidur d punggung .. hedeehh ..

  21. sangat membantu artikel nya…🙂
    terus aku mau nanya ni, aku punya kucing kampung yang di adopsi dari dia masih kecil banget, kira2 baru1-2 bulanan, di pelihara sampai sekarang sudah setahun. aku mmg biarin dia main ke luar rumah, krna kadang walau pintu udah di tutup tapi ada aja keluarga aku yang buka pintu, dan dia berhasil keluar. tapi walaupun bgtu, dia keluar sekedar aja. kalau di panggil, pasti datang. tiap tidur mau malam, siang, sore selalu di rumah, malam bahkan tdr sama aku, gak pernah absen.
    belakangan, di panggil gak mau. nafsu makannya menurun drastis, kadang makan sejhari 1 x. itu juga karena aku paksa makan. udah seminggu ini gak pernah mau tidur d rumah. di luar terus, kadang keliatan kadang nggak. padahal masa birahi udah selesai. dia udah di vaksin, dan vit khusus kucing ttp aku kasih,

    itu ada gejala yang aneh di kelakuannya atau dia sakit??
    dia ngejauh gitu ke aku.. sedih😦

  22. Aku punya kucing namanya memey. Dirawat dr umur 2 bulan. Skrg udah gede udah 9 bulan. Kemaren aku nanges gr” bertengkar mulut sm adik ku. Dan yang bikin aku terkejut. Kucing aku nenangi aku air mata aku dijilat. Tangan aku dijilat . Kaki juga dijilat. Terus ngelus” sin kepalanya ke tangan aku kaya mau ngasih tau udah jangan sedih lagi. Aku heran apa kucing sepintar itu yah sampe bisa tau perasaan tuan nya ?

  23. Bermanfaat banget postingannya.
    Saya mau nanya nih. Beberapa bulan lalu saya dikasih anak kucing persia sama sodara. Jantan 1 betina 1. Umurnya 4 bulanan. Beberapa hari lalu kucing yang betina ilang. setelah kjadian itu kucing yang jantan malah jadi susah makan. Terus tiba2 nyakar2 gitu kalo ada orang. Apa itu karna yang jantannya kesepian? Soalnya dari lahir mereka bedua mulu. Itu kenapa yah?

  24. saya mau tanya, saya punya kucing persia betina udah umur mau 10bln
    diem dirumah terus, diajak keluar buat dijemur matahari doank itupun pake kandang
    tiap ada kucing kampung lewat, dia suka pngen ngedeket, tapi kucing kampungnya malah suka nggeram kyk marah gitu
    terus tiap malem suka nyakar” pintu sama meong meong kyk pngen keluar rmh
    apa tanda” puber ya? kalo dibiarin aja gapapa? takut dia keluar ngejar kucing jantan terus ilang ga pulang pulang lagi, huhu

  25. Menarik nih..
    Oh ya min..aku punya kucing betina,tapi kok udah lama nggak hamil-hamil yah.Padahal yang lain udah bolak-balik melahirkan.Dia sering kawin sama kucing jantan lho..apa dia mandul..??
    Mksih..

  26. Sis, kucing saya baru umur sebulan, gara” dia sakit gak mau makan jadi saya kasih dia kuning telur biar dia gak kurus, lama kelamaan dia mau bab terus tiap jam dan kotorannya itu encer gitu, apa itu efek samping dari kuning telur itu?
    Help!! Sis

    • Kucing dksh pakan yg cocok sm kucingnya. Beri vitamin tambahan bila diperlukn.
      Jangan beri makanan slain makanan kucing pd kucing.
      Kucing dmandikan minimal 2minggu 1x.
      Jaga kbersihan kucing..kandang dan lingkungan skitar kucing.

  27. Hi sis.. Sekedar info, no 1 & 2 penggunaan bahasanya kurang tepat.. Bukan “yaitu 5 kali lebih banyak dari manusia” dan “yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia”, melainkan “hanya 3 ruas lebih sedikit dari jumlah ruas tulang belakang manusia” dan “yaitu 24 tulang lebih banyak dari jumlah tulang manusia”, karena menurut ilmu anatomi, manusia memiliki 33 ruas tulang belakang & 206 jumlah tulang keseluruhan🙂 terima kasih.

  28. Mau nanya.. kucingku kok bandel banget ya.. padahal dia masih 3-4 bulan… klo msk rumah suka lari larian trus gigitin ujung karpet sama mainin kabel..kadang bkn brisik

  29. gan, mau tanya nih. kenapa ya setelah kucing saya melahirkan anak dia sering banget pindah2 tmpt buat si anaknya? cara ngatasinya gimana ya gan? makasih

  30. saya paling suka sama hidungnya kucing. Selain itu suaranya juga kedengeran lucu. Apalagi pas dia merasa lapar dan meminta makan selalu mengeong sambil ngikutin ke dapur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s