Tips Agar Kucing Bisa Manja

Memiliki seekor kucing kesayangan begitu menyenangkan apa lagi kalau kucing tersebut bisa bermanja-manja dengan kita. Kucing bisa akrab dan tidak takut dengan kita. Ada banyak kasus, seperti seseorang yang memiliki seekor kucing yang sangat lucu dan membuat terpesona setiap orang yang melihatnya. Namun sayang nya si kucing tidak bisa kita pegang dan di ajak bermain-main bersama. apa lagi untuk bermanja-manja dengan kita. Agar kucing bisa sesuai dengan keinginan kita memang bukan lah suatu hal yang mudah dan bukannya tidak mungkin kalau kucing bisa menjadi dekat dengan kita bahkan sangat manja. Selama ini saya mencoba untuk mempelajari bagai mana caranya agar kucing-kucing kesayangan saya bisa lebih manja dan mau bermain dengan saya juga anggota keluarga saya yang lain. Ternyata saya berhasil membuat semua kucing-kucing kesayang saya memjadi kucing yang manja, penurut, bisa

di gendong dan tentunya bisa di ajak bermain. Mau tahu bagaimana tips agar kucing bisa manja dengan kita? coba anda ikuti tips saya berikut ini:

  1. Biasakan memanggil nama nya sejak kucing masih bayi. Agar kucing bisa mengenali suara anda dan agar kucing tahu itu namanya.
  2. Biasakan untuk mengusap atau mengelus bagian leher dan memijat tengkuknya pelan-pelan sejak kucing anda masih kecil.
  3. Mengajaknya bermain bersama dengan permainan kesukaannya minimal 30 menit.
  4. Biasakan menggendong kucing anda sejak umurnya 1 bulan.
  5. Mandikan kucing anda sendiri jangan suruh orang lain secara rutin minimal 1minggu sekali supaya kucing mudah jinak.
  6. Jangan biarkan kucing main diluar rumah, usahakan kucing selalu dalam ruangan.
  7. Kucing jangan dikurung dalam kandang, karena itu akan membuat kucing jadi liar.
  8. Tunjukkan kasih sayang anda pada kucing dan jangan pernah memukulnya tanpa alasan yang jelas, karena kucing akan menjadi takut pada anda.

 

Itulah sedikit tips dari saya menurut pengalaman saya selama ini. semoga tips saya di atas dapat membantu anda semua. ingat jangan pernah menyerah dan jangan putus asa karena anda adalah tuan yang paling baik bagi kucing kesayangan anda.

117 comments on “Tips Agar Kucing Bisa Manja

  1. hy, aku iseng2 googling dan ketemu popo petshop ini, aku cuma mau bilang namanya sama kaya kucingku! ;3 bedanya dia pake W jadi Popow, tapi kalo dipanggil “poooo popoooo….” oiyah, sekalian aku mau tanya, aku setiap hari kuliah dan dirumah ada pembantu aku, mungkin krn setiap hari ketemu mba, dia jadi ngerasa lebih banyak waktu main sama mba, padahalm dari mulai ngasih makan sampai mandiin dan bersihin poop dan kandangnya itu aku, tapi dia ngikutin kemanapun mba aku jalan2 disekitar rumah. gmn ya cara bikin dia yakinin kalau “ibunya” tu aku :( udah aku sering peluk2 tapi dia berontak. jadi sedih :(

    • nah itu krn kebiasaan mbak.. tiap hari dia lbh banyak wktu main2 sm pembantu mbak. jd ya dia merasa itu majikan dia..
      saranku sih ya luangkan waktu stiap hari buat main2 sm kucingnya..

      • hy,aku iseng2 googling dan ketemu popo petshop ini,aku cuma mau bilang ,aku punya kucing nama nya OBI dia klo di panggil makan dateng tpi klo aku panggil untuk main dia gk mau,gimana y cara nya supaya dia bisa main sama aku and supaya dia manja sama aku …..???

  2. aku punyak 2 ekor kucing namanya ariel & Luna
    dia cih manja tp law ada kucing lain didekatnya dia langsung berubah menjadi galak. bagaimana cara merubahxa??

  3. sis kalo saya punya kucing namanya mixy..
    dia itu kalem bgt dimandiin okeokeaja,main iya,kalo aku blajar dia suka muterin kaki,oke gapapa bgt.
    tapi dia ga ngajak main kalo aku yg ga ngajak :(
    kalo main juga main ini ya itu iya.. jadi gatau mainan favoritnya.. gimana caranya biar mixy bisa lincah,aktif,juga lihai sist??

  4. Aqu jga pnya kucing Namanya sweety,si sweety dh ngelahirin 3anak kucing’a, ank nya tpi setelah beberapa bulan(sekitar 2 bkn setengah) dia bawel banget gk sperti dlu,skarang si sweety kyk mo kawin lgi.
    Gmn y ngatasin nya pdhl kn anak nya msh kecil msh nyusu lg..?

  5. aku punya kucing namanya pusshy ,, tapi dy selalu nyakar kalo di gendong ,,
    tapi kalo aku elus2 dy diem aja , n kalo aku kmn pun dy ikutin ,, gmn ya caranya supaya pusshy jinak waktu di gendong

  6. MIN. saya punya kucing namanya pedro..
    dia itu lincah dan hiper aktif
    tapi dia gk mau nurut sama aku
    dan terkadang dia suka gigit jari aku
    gimana caranya biar pedro bisa nurut dan gk agresive sama aku

  7. Sist, saya ngadopsi kucing persia umur 4bulan, apakah masih bisa untuk d.ajarin manja sama majikannya?

  8. kucing ku itu jinakk banget, kalo aku plg sklh dia nunggu di dpn rumah trus pas aku di dkt pintu dia ngelus kepalanya ke kaki aku, tpi sejak dia berantem sama kucing laen dia jdi lebih agresif itu solusinya gmana ???

  9. saya punya kucing namanya vita trus dia susah baget makan trus kalo supaya kucing bisa nurut sama kita gimana ya?

  10. Aku baru punya kucing anggora nama nya posi umur nya 10 bulan,kalau dielus dia lari,kalau digendong dia ngak mau.gimana cara menjinakkan nya ?

  11. Halo popo, aku punya kucing namanya cleo. Dia kalo dipanggil gamau nyaut cara bikin dia bisa tau itu nama dia gimana? Padahal udh sering dipanggil panggil terus loh

  12. Kalau adop kucing dah berumur 1 th, biar manja gmn caranya
    Kucing sy kalau lht saya pasti lari padahal setiap hari saya yg merawat
    Tolong pencerahannya dok …
    Trima kasih sebelumnya

  13. halo popo petshop . aku lg googling dan ketemu blog ini .. awalnya sih saya ga punya binatang peliharaan tp akhir” ini ada kucing dikosan aku .. akhirnya kucing itu melahirkan anak 5ekor . nah kami 1kosan memutuskan untuk memeliharanya tp kami sedikit bingung untuk melatih anak kucing tersebut soalnya namanya berbeda-beda , ada kugan,kumis,kubul,kujel,dan kutem . nah gimana caranya untuk bisa memanggil kelima anak kucing itu ? soalnya anak tersebut msh sekitar jalan 1bln .. oia saya juga mau tanya bisakan kucing tersebut dikasih makan nasi ? (maklum anak kosan hahaha) . oia ka 1 nih ttg induknya .. dia ga mau makan banyak yg kami berikan . tp dia senang mencari dan memakan bangkai tikus kan bau jadinya .. hahaha .. makasih ka .. tolong info nya ya ….

    • Panggil aja “puss..” pasti kelimanya nengok.. hehe
      Kucing domestik / kampung mmg pny kbiasaan yg beda dr kucing ras tp Jangan dibolehkan dia makan tikus..gk bagus buat kesehatan kucingnya dan jg lingkungan skitarnya.
      Mkn nasi boleh2 aja..yg penting kucingnya suka.. tp lbh bagus lg makan pke pakan khusus kucing.
      Ada banyak pakan kucing yg murah2 kok. Cb tny ke petshop2 terdekat.
      Jgn skali2 ksh pakan yg asin2 mengandung garam..bs bikin bulu rontok.
      Jgn juga diksh biskuit..coklat..dll..

  14. Q PNY KUCING NAMANYA MIMI DIA BERUMUR 1THN TP BADANYA GK GENDUT MIRIP YG PUNYA PDHL MAKANAN APAPUN Q COBA TP TETAP AJA DIA JENIS PERSIA MEDIUM WARNA ABUABU.TQ

  15. oh ya izin nanya, saya rencananya mau ngadopsi kucing, tapi ini pertama kali buat saya, entah kenapa saya jadi tertarik pelihara kucing,.
    untuk pemula, apa aja sih yang harus dilakukan pertama kali, terus, bagaimana cara ngajarin kucing supaya bisa kencing / poop di tempatnya.
    thx

    • 1. Tanyakan lg pd diri sendiri..
      sudah siapkah memelihara kucing?
      Krn memutuskan memelihara kucing akan merubah hidup anda sedikit/banyak..
      Harus menerima konsekuensinya spt membeli pakan utk kucing.. memberi pakan tiap hari..membersihkan kotorannya tiap hari.. memandikan minimal 2minggu 1x. Mmbawa ke dokter hewan klo kucing sakit. Memberi vitamin tambahan biar kucing ttp sehat. Memvaksin kucing scara rutin. Meluangkan waktu tiap harinya untuk bermain bersama kucing biar kucing lebih nurut..
      Klo anda bs menerima konsekuensi2nya.. brarti anda sudah siap memelihara kucing. :)
      2. Sediakan smua kebutuhan memelihara kucing.. spt kandang yg cukup luas, litter box (tempat pup), pasir utk pup, tmpat pakan, tempat minum, pakan kucingnya,dll..
      Biasanya kucing sudah bs pup/kencing dtempat yg sudh disediakan..
      Selamat memelihara kucing..

  16. hy aku punya kucing namanya mochi sudah beberapa bln aku pelihara dia srbelumnya dia di rawat sama temen aku emang sih si mochi itu kucing kampung, tapi aku sayang bgt sama di begitu juga dengan si mochi, tapi setelah dia kawin dan punya anak rasanya,, dia mengabaikan aku… gimana ya caranya agar dia manja kembali seperti dulu…?

  17. saya punya kucig namannya Miyu. gimana caranya ya bikin dia ga malas? soalnya kerjaannya cuma tidur mulu dari pagi ampe magrib

      • Mas saya mau tanya .. saya punya kucing hitam namanya feri dia aku temukan dijalan karna kasihan aku bawa dia dan langsung aku bawa ke petshop sambil mandi dan beli makan kandang dll . Umurnya kira” 6/7 bln . Dia kucing persia medium . Saat dia mandi dan setelah mandi dia menjadi galak sama aku . Setiap dipegang dia mau nyakar atau gigit . Gimana ya mas nanganinnya padahal aku sudah beli bola dan bulu”an dipetshop :(

  18. mau tanya min, aku punya kucing baru di kasih sama pacar tgl 4 kemarin, kucingnya jenis himalayan umur 3 bulan, dia ga mau diem, kalo di lepasin di rumah sukanya loncat2 naik sana sini, kalo di gendong ga mau diem, udh semingguan masih tetep kaya gitu juga padahal itu tiap hari sering di elus2 sama di sayang2, biasanya dulu aja pas maenin kucing punya temen, kucingnya malah pengen di manja terus kalo digendong diem, pengen bikin kucing jd penurut sama manja gmn yah? makasih

  19. mau nanya, aku punya kucing namanya pussy dia itu waktu kemarin sempat gaada makanan selama 2 hari. pas mau beli makanannya ternyata kosong akhirnya nunggu keesokan harinya, eh pas makanan ada dia cuma makan dikit, terus dia itu jadi suka ngumpet di kolong kasur padahal biasanya engga, kalo dipanggil gapernah nengok, dikasih makan gamau, dielus elus dia juga jadi suka menggeram gitu. itu pertanda apa ya? dan caranya buat dia normal lagi gimana ? :(

  20. saya punya1 betina produksi ,1 betina kitten usia 7 bulan , 1 jantan produksi.
    2 hari yang lalu saya adopsi 1 jantan produksi , tadi sempat saya keluarkan dari kandang 2 jam tiba-tiba saya pengen mengelusnya eh nggak taunya malah di gigit dan di cakar gimana trik dan tips agar jinak kembali saat ini saya kandangkan lagi
    thanks popopetshop

  21. saya punya kucing baru melahirkan.terus setelah kurang lebih 1 minggu di ngga peduli lagi sama anaknya.gimana yaa

  22. saya punya kucing nama nya timy…..dia ga bisa manja sama aku tapi kadang”manja kalo mau minta di keluarin dri kandang nya ajh..dan…kalo di panggil juga ga nyaut” knapa ya,,,,,

  23. Mbak kucing aku dibebasin seminggu sekali soalnya aku takut mau main sama dia,nanti dicakarnya,gimana sih mbak main sama kucing biar kita ngga dicakar?

  24. Mbak,mau nanya apa kucing jantan yg sdh saatnya kawin jadi galak?gimana cara menjinakkannya.soalnya aku hbs digigit n dicakar.

    • Biasanya sih nggak… cm biasanya klo kucing jantan birahi dia jd lebih agresif dan makin ribut..
      Sering2 diajak interaksi aj.. diajak main
      . Dielus2.. biar lbih deket..

  25. kebetulan bgt nemu artikel ini. aku suka susah mau bawa kucing aku ke pet shop buat di mandiing. soalnya dia ga mau di masukin ke kandang. dia langsung marah kayak orang ketakutan gitu. kalau mandiin sendiri aku kan ga bs bersihin untuk yg jamur dan kutu. gimana ya supaya dia mau masuk kandang? apa karena kandang itu bekas kucing aku yg dulu, tp udah mati makanya dia ga mau. dia jg ga mau di gendong. aku melihara dia dari gede sih jd nya kurang deket.

    • Klo itu mslh kebiasaan.. mgkn dulunya dia pny trauma wktu msuk kranjang atau digendong mknya skrg dia gk mau.
      Pelan2 sering2 aja digendong..diajak interaksi..dielus2..buat dia se-nyaman mgkn sblm.msuk kranjang / dgendong.

      • iya aku khawatir dia trauma karena sesuatu hal gitu. soalnya awal di bawa ke rumah aku kan make keranjang jg. tp dia mau masuk. cuma anehnya kalau masuk keranjang yg punya aku dia ga mau.
        dia jg suka menyendiri gitu. sekarang nafsu makannya lg kurang. takutnya dia stress aja

  26. Hy, aq baru aja punya kucing nih kucing persia dia cowok namanya Maeeza, galak banget pengennya lari ke tangga terus,, di gendong sedikit nurut tp kalo agak lama gitu pas pengennya lari lagi, makannya baru dikit sist…umurnya baru 1,5 bulan mungkin apa dia kaget ya langsung di pisah dari ibunya..
    gimana caranya ya sist biar dia itu tenang, nurut dan manja sama pemiliknya?kasihan aku kalau pas lg galak2nya langsung aku masukin ke kandang.. :-( :) mohon saranya y sist, makasih

  27. Hai.. Mau ty nh.. aq baru adopsi kucing persia umur 1thn dari sodara.. gmn cara na biar dia cepet nurut.. klo dari bayi mungkin gampang.. tp ini kan ud gede , jantan lagi… ?? Minta tips nya ya..

  28. hai , saya mau nanya dong soal kucing lama dan kucing baru , kucing baru saya baru 8bln dan jantan trs yang baru betina baru 3bln uda coba googling ttg itu tapi blm berasil(mendekatkan) juga selama seminggu malah kucing lama saya kaya suka mukul gitu tp gatau niat main atau gmn soalnyaa kucing baru saya langsung ngedesiis gt kaya ga suka , help please :( thankyouuu popopetshop

  29. Sayajg punya kucing tp kucing kampung dateng sendiri, pertamanya takut bgt sama saya, cuma dateng kalo lagi mau makan aja. Tp lama2 sering saya kasih makan trus kalo ada kesempatan saya tangkap dan saya elus2 leher sama tenguknya. Sekarang udah jinak sama saya dan kalo lagu tidur2an dia ikut tidur di kaki saya. Kalo lagi manja pasti minta dielus2 sambil ngelilingin kaki.. :D

  30. oia kucing aq baru umur 3 bulan uda mau di kawin kan sma kucing jantan aq uda dewasa dia kok bisa gitu
    sekalian mau tanyak lagi nie aq baru dapat kucing terus biar dia gak pulang lagi kerumah nya itu harus nunggu berapa hari ya

    maaf masi newbie

  31. Hai dok, aku punya 4 anakan kucing persimed umur 2bln mau ke 3bln.Nah sekarang masalahnya, kucingnya itu gue ajak mainan nggak mau, eh dianya malah main2an sendiri sm sodaranya.Pernah gue kasih kaya bulu2 gitu biar mau mainan sm gue tp malah takut.Solusinya gimana?☺

  32. mau tanya, gimana ya cara ngilangin kutu secara total. udh tak shampoin pke smpo anti kutu tapi ttp masih ada kutunya. Habis dimandiin sih emng telurnya pada berkurang, tapi sehari dua hari nambah terus. tlng berikan tipsnya ya. terimakasih..

    • Kutu mmg gk bs 1x grooming langsung ilang total.. slama pengobatan dgrooming pke anti kutu 1minggu 2-3x grooming.
      Ato untuk lbh cepatnya bs pakai obat kutu yg diteteskan ke tengkuk.. spt merk revolution & frontline..

      • Halllo
        Ka aku baru adopt kucing persia betina nih umur 1 thunan gtu.
        Pas waktu pertama ketemu dia, ngelus ngelus dia ,dia tuh baik.
        Tapi kok pas di bawa pulang kerumah dan hbis di mandii jd galak gtu ya mana dia ga suka bangettt di pegang perut sama kakinya jd kadang bingung mau mandiin dia karna ga bisa bersih sampai ke kaki sama perutnya waktu itu pernah di gigit sampai berdarah dan bolong karna pegang kakinya
        Knpa ya dan gmna caranya biar dia jinak thank you ..

  33. Hy, sya bru prtama kali mlihara kucing. Umur pas bli 2 bulan kurang. Ni kucin lincah bgt, diajak main mau, digendong kdang mau kdang engga. Tp kbtlan kn ni kucing sring dtinggal, apa gmslah klo msal dkandangin trus stiap ditinggal? Tp tiap hr psti ktmu sih, cma dtnggal krja aja… Ska ksian jg lyt dikandangin gmau diem, bawaannya pgn kluar trus tp y gmn gbs dbiarin jg sih cz gda siapa2 jg drmh klo ane krja.. Mohon sarannya ya. Thz :)
    Chokichi7@gmail.com

  34. Aku punya kucing name nya maru….
    Gag papa gk….kalo kucing q ku kurung kalo mo tidur ajh….

  35. kak, aku punya kucing namanya cimong, aku ngadopsi dia diumur 4bln. udh 1 bulan d rmh aku. kalo dipanggil gk mau nyamperin, pokonya hiperaktif, trs suka bgt keluar rumah. sekalinya masuk rumah pasti mengeong k arah pintu. kalo gitu cara bikin dia nurut gimana?

  36. kak aku kan abis ngadopsi anak kucing liar kayakmana caanya biar dia bisa akrab sama nyaman dan manja sama kita ?? mohon saranyah..

  37. kak kucing anak kucing aku sering meong2 kalo misal nge liat aku…dan selalu ikutin kaki aku kmana mana….itu tandanya apa kak ???

  38. gan q pux kcing persia nmax brian . .dlu brian ska skli brmain” tp smenjak pndah rmah brian skrang jd pmlas masak tyap hri makan tdor ja. .q ngjak maen mlah d cuekn. . .trz gmana kn gak enk drmahx gk ad tmenx brmain

  39. Haloo popo,saya punya kucing nama nya kidiw ….pas saya elus”tengkuknya dia diem dan tiduran aja trs pas saya mau ngelus leher nya dia aga sedikit mau ngegigit gitu !!!!
    Gimana caranya ya supaya si kidiw nurut ??

  40. Dok saya baru pelihara kucing 2 hari, kucing persia umur 5 bulan.
    kucingnya manja langsung akrab sama keluarga, suka dielus dan diajak main.
    tapi dia ga pernah mau di kandang jadi saya lepas didalam rumah dan dia ga pernah mau keluar rumah. Saya mau tanya kenapa kucing saya selalu mengeluarkan suara dengkuran saat dielus2? Kenapa dia juga ga mau kalau digendong? Dan 1 lagi dia jarang sekali mengeong. Dia hanya mengeong saat dimasukkan kekandang untuk minta dikeluarin?
    Mohon pencerahannya dok

    • dengkuran saat dielus wajar.
      gpp. gk ada mslh. itu tandanya dia nyaman.
      karakter kucing berbeda2.. ada yg suka digendong..ada yg gk suka. smua cm masalah kebiasaan. sering digendong aja biar kucingnya terbiasa digendong.
      buat dia nyaman wkt digendong biar bsk2 klo digendong gk brontak

  41. kucing aku kampung, namanya Neko. umur nya kira 11 bulan, karena aku adopsi dia pas masih kecil di tengah jalan pas ujan-ujanan.
    nah seminggu yang lalu kucing aku ini di vaksin sekalian di suntik rabies. jadi dia di suntik dua kali. pas di suntik dokter nya kesusahan karena emang dia yang berontak juga karena bulu nya agak tebel jadi dokter nya sempet kesusahan.
    besok pagi nya pas aku gendong dia tiba marahm geram terus nyakar and gigit aku. ini gak kayak biasanya yang kalau di gendong dia langsung manjaan.
    seminggu ini masih kayak gitu. kalau di gendong posisi badannya di tekuk dia mulai geram. tapi kalau di gendong lurus-lurus aja, dia anteng.
    itu kenapa ya? apa badannya ada yang sakit atau efek vaksin?

    jawab ya..
    kalau mau ke dr hewan aku harus ke luar kota lagi… hiks hiks

  42. Bantuin dong..
    Sya baru beli kucing anggora umur 1 tahus,gi mna sih spaya dia dtang swaktu saya panggil,trus swaktu saya masukkan dia dalam kandang dia ngeong trus mnta di keluarin,gimana sih supaya dia mau diam di dalam kandang,trus klau dia saya lpas di dlam rmah dia suka diam di sudut2 ruangat trus nunggu di dpan pintu,itu knapa yaa.??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s