Tips Memandikan Kucing di Rumah

Bingung bagaimana cara memandikan atau grooming kucing sendiri dirumah? Sebenarnya tidaklah sulit utuk memandikan seekor kucing. Dan memang sebaiknya kita biasakan memandikan kucing kesayangan kita sendiri tanpa harus pergi ke petshop. Selain kita bisa hemat tenaga,hemat uang dan hemat waktu, juga kebersihan kucing kita lebih terjamin. Selain itu kucing kita juga akan lebih dekat dan sayang dengan kita.  Jadi teman-teman semua gak perlu bingung ataupun ragu lagi utuk mencoba membiasakan diri memandikan kucing kesayangan sendiri dirumah.

Kali ini saya akan coba untuk membantu teman-teman semua.

oke kita mulai…

Alat-alat yang perlu di siapkan:
1.    Air hangat
2.    Handuk yg lembut
3.    Shampo khusus kucing
4.    Kapas
5.    Hair drayer / Blower
6.    Sisir khusus kucing
7.    Parfum khusus kucing

Setelah semua nya sudah di siapkan, barulah kita mulai dengan pertama2 tutup lubang telinga kucing dengan kapas gunanya agar air tidak bisa masuk kedalam telinganya ketika sedang dimandikan. Siramlah badan kucing dengan berlahan2 sambil digosok pelan agar airnya bisa meresap sampai dasar kulitnya. Kemudian berilah shampo khusus kucing gosok diseluruh badannya  dari kepala hingga ujung ekornya.tp awas jangan sampai mengenai mata dan hidung kucing. Gosok pelan sampai berbusa  diamkan sekitar  3 menit  lalu siram lagi hingga bersih dan pastikan sudah tidak ada shampo yg tersisa dibulu2 nya. Setelah itu keringkan dengan handuk yg lembut. Setelah itu keringkan bulu2 kucing dengan hairdryer / blower hingga benar2 kering. Setelah bulu2 kucing benar2 kering barulah disisir2 yg rapih dan terakhir  semprotlah sedikit parfum khusus kucing.

sumber:

http://www.kucingpersian.com

Iklan

328 comments on “Tips Memandikan Kucing di Rumah

  1. minta info ya kucing saya kok suka geleng” kepala terus….

    sama suka baget tidur..
    padahal dulu gak kayak gitu…….
    tolong infonya ya

    • bisa sambil dielus2 waktu lagi di hairdryer/blower.. klo masih takut bisa kucingnya diletakkan didalam kandang kecil trs di hairdryer/blower dari luar kandang sambil dijemur.. tp cara ini bisa memakan waktu pengeringan lebih lama.

    • mgkn kedinginan.. habis grooming (mandi) dikeringkan sampai bener2 kering kan bulunya? lebih bagus stelah grooming dijemur jg. coba setiap pagi sebelum jam 10 pagi dijemur skitar 5menit.

  2. kucing saya kl di mandiin pasti habis badan saya di cakar2. pdhl sdh pakai air hangat. saya mandiin sejak umur 3 bln, skrg sdh umur 5 bln. sampai saat ini kl dimandiin pasti msh kabur2an ketakutan. jdnya slalu sy bw ke petshop 😦

  3. Mohon infonya kalau bersihin kotoran di hidung persia bgmn ya? krn setiap hari selalu numpuk hitam2 sampe hidungnya jd hitam..sdh setiap hri dibersihkan pakai kapas+kuku kelingking saya krn suka susah lepas…dan bekas air matanya suka menguning gitu mas? gmn ya supaya hidungnya bs bersih dan warna pink gitu…help me mas

    • Kalau saya mandiinya d kmar mandi, jadi dia mau lari kemana, kita kejar, hahaha
      terus berdasar pengalamanwsya kucingny jgn d pganin(direjeng) soalnya nanti dia brontak

  4. aku br beli kucing persia dy pemalu banget dn pendiem dipanggil gak mau nyamperin napsu makanny juga kurang, umurnya 6 bulan,perempuan. gimanna ya cara supaya dy aktif dan napsu makannya bertambah??

  5. kucing saya umur 3 bulan kurang belum saya vaksin boleh gak saya mandikan sendiri ? shampoo apa ya yang bagus dan murah harganya buat kucing persia kitten ya , maklum baru belajar pelihara kucing ………..

  6. Mas sy mw tanya?? D ekor kucing ku paling ujung botak.knp y? Trus d ekor agak tengah kya ada kerak item?kya pnyakit kulitd gmana y ngobatin’a?

  7. add pin ku dong 76822d46. aku mau tanya2 soal kucing persia aku baru adobsi cewe 1 cowo 1 umur 4bln. thxs. salam cat lover’s

    • 2 minggu 1× udah cukup baik. Kcuali kitten nya kotor bgt ya bs 1minggu 1x.
      Pke shampoo bayi boleh.. yg penting jgn pakai shampoo buat orang dewasa.
      Lbh bgs lagi pake shampoo khusus kucing.. 🙂

  8. salam kenal dok.
    kucing sya anggora umr 3bln.saya mau tanya dok kenpa kucing sya suka galak kalau di pegang dan di elus2. slalu bersuara klo lagi di dekati?
    tq ya dok mohon di blas

    • Baru dipelihara atau dah dr kecil?
      Klo baru dipelihara.. sering2 diajak main aja.. sering2 dipegang.. dielus.. biar dia jd terbiasa dan jd knal siapa pemiliknya..

  9. dok saya mau tanya, saya ada kucing nyasar d rumah udh d urus dr kecil , skrg mencret yang lain jadi pada ikutan, udahd kasih obat rekomendasi drtoko hewan d sini udah abismalahan tp ga juga sembuh, gmna ya?? kalau makan mereka msh bener

    • Awalnya mencret krn apa? Klo krn ganti merk pakan ya brti gak cocok pakannya.. kucingnya umur brp? Cb diberi entrostop. Klo dewasa 1/4 tablet (1tablet dibagi 4) klo kitten 1/6 tablet

  10. Haduuuuuuh… Apin kucing persia ku di grojok langsung gitu mba pake air dingin,sampo lifeboy, trus gak di hairdryer mba/mas…

  11. ada pengaruhnya gak sih kalau kucing persia saya yg sering dikandang trs ketika saya ajak main diluar rumah sering ngajakin kucing kmpung berkelahi? kucingku jntan umurnya 14bln..

  12. misi, cara bersihin kotoran di tenginga kucing gimana ya?
    soalnya tiap telinganya dipegang, brontak2 terus..

    thx sebelumnya

  13. Dok [m̲̅][a̲̅][u̲̅] tanya dong,,sya punya 4 kitten usia 2 bln, boleh ga dimandiin soalnya lagi jamuran, trus kalo misalkan dimandiin induknya masih mauu nyusuin ga ya???

  14. Gini. Masalahnya kan kucing itu suka takut sama air. Gimana caranya bisa dengan mudah memandikan kucing agar kucingnya diam dan gak gerak krn ketakutan dgn air dong???????????????????????

    • Kucing yg bru diadopsi memang prlu adaptasi tempt bru dan lingkungan skitar.. biasanya skitar 3hari-1minggu pertama dia mkn cm sedikit2..
      Cb diumbr dl dgn diawasi biar dia bs lbh cepat beradaptasi..
      Klo msalah mencret mgkn gk cocok sm pakannya.. bs ganti merk yg mgkn lbih cocok..

  15. Gmna klo kucing persia kawin sma kucing biasa,.
    Trs.. Boleh gk gonta ganti pkan kucing biar gk bosen? Ato 1 mcm sja.. Tengkyu..

  16. Mas. Aq punya kitten 5 ekor. Suka main sesama sodara en oomnya..smpai gigit2an..lalu jadi jamuran deh… Terutama di daun elinga en atas mata. Usia 3 bln. Kutuan jg. Pingin grooming sndiri. Pake shampoo apa yg bagus? Jadwal vaksin jg. Mandi atau vaksin dulu? Emaknya boleh dimandiin jg kan? Oomnya gembul..gimana cara mengerem nafsu makannya? 6 bln beratnya 2.5 kg. Tks

    • Ada banyak merk shampoo mas.. klo jamuran bs pakai shampoo anti jamur.. klo mau vaksin boleh dimandikan dl slmnya.. tp klo sdh terlanjur divaksin.. jgn dimandikan.. kasih jeda minimal 1minggu dr tgl vaksin.
      Nafsu makan ngga usah direm. Justru bagus klo dia makannya bnyk.. pertanda dia sehat.. 🙂

  17. Hai Kak , aku mau nanya nih , kucing ku yang namanya ming udah melahirkan , ngelahirin 4 ekor , 2 anaknya matanya kaya bapak dan ibunya , tapi kucing yang duanya lagi matanya warna biru
    kira kira itu kok bisa ya ??

  18. dok, kmarin saya baru dikasih kucing anggora umur 1 bulan. Lalu di badannya banyak kutunya. Setelah di tanya ke pemilik sebelumnya ternyata induknya juga kutuan.. Gimana ya dok cara mengatasinya ?? Apa perlu di mandikan ??

  19. Ibu kucingnya 2 hari lalu mati dok, jadi saya adopsi anak kucingnya.. Gamau dikasih susu juga dok kittennya..gimana ya dok ??

    aman ga dok kucing umur 1 bulan di mandikan ??
    Cara memandikan dengan baik gmna ya dok ??
    Terimakasih

  20. dok mau tanya, kucing saya 2bulan, kata dokter hewan di kota saya jangan dimandikan sebelum di vaksin.. padahal sudah kotor.. kalo dimandikan dampaknya apa ya dok? (akan dimandikan dirumah dgn air hangat dan shampoo kucing)

    • Dimandikan sblm vaksin gpp.. bgusnya dkasih jeda 2-3hr klo mau dvaksin..
      Yg gak boleh,hbs divaksin langsung dimndikan.
      Klo hbs divaksin hrs dksh jeda minimal 1minggu br boleh dimandikan.

  21. Dok saya habis ngadopsi kucing, nah pas di bawa pulang kucingnya suka sembunyi2 nah pas mau dikasih makan kucing nya nggak mau makan trus langsung sakit eh besoknya langsung kluar rumah seharian, tolong tipsnya biar kucing nggak ilang2an trus nafsu makannya bertambah..

    • Klo br adopsi kucing mmg perlu adaptasi tempat baru dl.. biarkan dikandang dl 3hari..dg sesekali diumbar dg diawasi. Biar dia mngenal tempat baru.
      Klo utk nafsu mkn bs dksh kuning telor+madu. Vitamin B complex / yg mngandung curcuma jg bagus utk nambah nafsu mkn.

  22. Mau tanya nih. Aku baru adopsi persia 3,5bln blm di vaksin trs skrg dia sering bgt garuk garuk kepala nya kira kira knp ya?

  23. Dok saya mau tanya..kalo misalnya kucing betina umur nya 10-11Bulan..dan kucing jantan umurnya 3-4th..kalo mereka melakukan hubungan mending di pisahkan jangan ya ? soalnya kedua kucingnya sama2 nafsu tp saya kasian sama betinanya soalnya diliat-liat masih kecil takutnya kenapa-napa..jadi mending dipisahkan atau jangan?

  24. saya mau tanya, saya baru beli kucing usia 6bulan,,, gimana ya caranya biar kucing say mau minum minyak ikan dan mau minum air putih yg sudah mateng ? dy kurang mau kalau di sediakan air minum yg sudah mateng, kadang lebih memilih air ledeng,,, dan kurang suka minum susu,.. terimaksih

  25. Dok,aq baru adopt kucing umur 8bl kata pemilik sblm nya jenis persia(secara aq ga ngerti soal kucing)aq invite pin bb nya dok ya..tlg di accept u/ mnt bimbingan mengurus kucing ku tq

  26. Dok, kenapa kucing saya kalo mengeong tidak ada suaranya? padahal sebelumnya bersuara? lalu apa ciri-ciri kuncing pilek?

  27. mau tanya, apakah setiap kucing itu harus diberikan vaksin? kucing kampung sy dr pertama sy temukan sampai sekarang kira2 umurnya 6 atau 7 tahunan tidak pernah mendapatkan vaksin. apakah berpengaruh pada kesehatannya ? atau apakah bakalan ada penyakit yang menular pada manusia kalau kucing itu tidak pernah diberikan vaksin ?

  28. Dok Kucing Saya Hasil Perkawinan dari kucing anggora dan kucing biasa , Kucing saya itu harus di rawat Gimana Ya ? dan di mandikannya pke shampo bayi boleh gk ? dan Harus Ke salon Berapa Bulan Sekali ?

  29. maaf, anak kucing sy usia 2 bulan. sudah bolehkah untuk di mandikan? dan sy punya anggora jantan usia 1 thn, beratnya 4,2 kg. termasuk idealkah berat badan tsb? thanks

  30. maaf dok sy mau tanya : 1). usia anak kucing sy baru 2 bulan. bolehkah sy mandikan? 2) kucing sy anggora usia 1 th. berat badan 4,3 kg. idealkah berat badan tsb? thanks

  31. Saya baru adopt kitten persia umur 2 bulan. Dia lincah, cuma sering garuk-garuk badan. Waktu saya tanya yg jual katanya memang sudah waktunya mandi, tapi tidak boleh dimandikan dulu dan disuruh pake bedak tabur bayi di tabur ke badan kucingnya. Tapi kucingnya kadang masih garuk-garuk. Apa yg harus saya lakukan? Mohon bantuannya.

  32. dok, kucing saya umur 8 tahun selalu kluar ingus sampe kadang hidungnya mampet trus mau makan susah banget cuma bisa minum aja, di lehernya di bawah telinga ada benjolan sebesar kelereng seperti kelenjar, apakah karna itu dok kucing saya ingusan terus dan ga bisa makan? penyakit apa itu ? sudah seminggu hanya bisa minum sekarang badannya kecil banget. apakah kucing saya sudah tua ?

  33. Dok, saya mau tanya.
    Apakah setiap kucing rumah-an wajib di vaksin? Peng-vaksinan hewan itu dilakukan saat umur berapa? Arigatou

    • bagusnya iya divaksin.
      vaksin itu seperti imunisasi di manusia.
      jd kucing yg divaksin lebih kebal terhadap penyakit dibanding kucing yg tidak divaksin.
      vaksin pertama wktu umur 3bln.

  34. Kalo kucing di mandiin pake sampo biasa gimana ?? Karna bln smpet beli prnh dimandiin pake sampo biasa bukan khusus kucing . makasih

  35. Dok Mau Tanya nih.kucing saya kalo dimandiin aor hangat kok fak mau ya dok.itu solusinya gimana biar mau mandi dok?

  36. Dok Saya Mau Tanya.kucing Saya Kok Gak Mau Mandi ya.padahaL tak kasih air hangat. Dan satu masalah lagi.dia sakit pilek bersin bersin terus. Itu gimana ngobatinya dok. Makasih dok

  37. mautanya kenapa kucing saya setelah saya mandiin ko langsung mencret,kalo mandiin kucing pakai sampo untuk orang dewasa gimana

  38. saya mo beli kucing tapi mamah saya gk bolein tapi papa bolein.katanya sih kucing itu bau.terus klo mandi berapa kali dalam seminggu.terus klo mo kesekolah hrs jam 6.20 jadi jam berapa madiinnya.

    • kucing termasuk hewan yg bersih.
      jd kucing mandi nggak perlu tiap hari..hehe 🙂
      cukup 2 minggu 1x kalo kucing nggak terlalu kotor.
      klo kucingnya kotor bisa seminggu 1x atau 2x.
      mandikan saja ke petshop. krn bulunya harus benar2 smp kering stelah mandi.

  39. Persimi dok saya mau tanya, kucing teman saya betina umur 1 tahun lebih, niatnya saya mau kawinkan dengan kucing jantan saya, tetapi yang betina itu tidak mau dikawinkan.. terus selalu galak dengan yang jantan begitu juga dengan saya. Karna betina nya selalu liar di luaran sehingga tidak nurut.. jadi bagaimana cara mengatasinya ? Thanks..

  40. aku baru punya kucing persia, dikasih, udah gede kucingnya, majikannya meninggal. aku bingung kasih makannya sedikit2 cari info di google. 1. aku kasih susu ,dia gk mau minum, 2.kasih makan ikan pindang direbus ,langsung campur dengan nasi segumpal, lalu dimakan. besok aku mau beli makanan kucing, tadi baru nanyain makanan kucing, harganya 19rb bentuknya warna warni bentuk kotak bulet bintang mcam2. gppa dok dikasih makanan itu? 1 lagi dok, aku gak punya hedlayer buat keringin kucingnya, gppa gtu dok? dan cara bersihin telingannya gimana dok, harus siapin apa, soalnya agak bau telingannya. ! terimkasih.

    • Kucing persia jgn dikasih pakan ikan pindang / ikan asin / makanan yg mengandung garam. Bisa bikin bulu2nya rontok.
      Ksh aja pakan kering yg ada di petshop.
      Bagusnya pakannya jgn yg warna warni.. tp yg wrna coklat..1warna aja.
      Ada banyak merk di petshop.
      Klo di rumah gk ada hairdryer mending mandikan kucingnya di petshop.
      Krn kucing hrs bnr2 dikeringkan smp bnr2 kering stlh dimandikan agar tidak berjamur.

  41. dok, kucing persiaku ,sering banget liat jari kaki orang, dan kalo dia udah deket sama telapak kaki, suka jilatin lalu gigit dengan perasaan tidak terlalu sakit,lalu gosok2kin lehernya ke telapak kaki yg lagi terlentang. kenapa ya dok ?

  42. permisi, dok bagusnya dimana nyimpen kucing, apa di ruangan rumah, atau ditempat terbuka, aku punya halaman besar dibelakang rumah, 80% dibelakang rumah tidak ada atapnya, dan saya yakin aman dibelakang rumah, dan aku punya 2 kelinci dibelakang rumah itu, gppa satuin sama kelinci dan tidur dibelakang rumah hanya permalam. 20% dsana ada atapnya, kelinciku kalo hujan suka berteduh di atap itu, dan udah 3 bulan mereka alhmdulillah sehat, sekarang mereka suka main2 bareng, gk berantem. boleh diruangan terbuka seperti itu?

  43. Apakah kitten wajib divaksin? Kelebihan kalo divaksin apa…dan kalo tidak ada resiko apa?

  44. PAGI..
    Dok…mau tanya..sy bru adopsi kucing persia umr 2/3bln, kmren pupnya ada darah dn bawaannya tiduurr trus..tp skrg aktif kmbli tp msh pupx ada darah..gimana tuh?

  45. dok kucing saya mendadak murung dan mengeluarkan cacing berwarna putih entah dari mana.. penyakit apa yang di deritanya dan bagai mana mengatasinya? terimakasih

  46. baru adopsi kucing seminggu, tadi siang saya bawa ke Petshop untuk Grooming, setelah selesai, sekarang dia tidur teruss… Sempet makan tadi pas bangun, setelah itu tidur lagi, dibangunin sya ajak becanda sebentar terus sekarang tidur lagi… Hihi… Kevapean di Grooming kali ya? Tapi tadi dipetshop dibilang ada kutunya, terus saya kasi obat Triforce di tengkuknya… Apakah aman ya? Ga biasanya sih soalnya dia tidur mlulu… 😁😁

  47. mau nanya gan, saya kan baru dikasi adopsi persia ni, tapi kenapa ya dia pendiem gitu mas terus nafsu makanya kurang, terus kotorannya itu juga kaya mencret gtu, kira” knapa ya?

  48. dok, saya nemu kucing persia, sepertinya diterlantarkan oleh pemilik sebelumnya, dengan keadaan jamuran, sudah saya obati, dan diberi vitamin untuk menambah nafsu mkn, krn beratnya hanya 1,2 kg,,, tetapi sudah dua minggu ini nafsu makan kucing, saya lihat baik2 saja, tetapi berat badannya blm juga brtambah,, ?
    kira2 kucing saya knp ya dok ?

  49. dok saya punya kitten umur 2 bulan kurang 5 ekor, yg 4 seperti ada pitak, terus ada semacam ketombe, itu kutu apa jamur ya dok? terus digrooming di salon apa digrooming sendiri biar hilang kutunya dok? terima kasih..

  50. Sejak umur 2 bulan kucing saya selalu di grooming di petshop , nah kira2 3 minggu terkahir ini dikuping kucing saya keluar cairan dan lumayan ga enak di cium gitu , cairan nya mulai keluar kalo gasalah 2 hari setelah di grooming itu, skrg kucingnya saya mandikan sendiri dan saya teliti bgt biar air ga masuk kupingnya trs tiap pagi jg saya bersihkan menggunakan baby oil tapi tetep aja masih keluar cairan nya itu
    Solusinya gmn ya ? Thx

  51. Mau nanya dok,aku punya kucing persia dulu gak pernah pipis di sembarang tempat,tp karena sudah sering keluar rumah sekarang pipisnya sembarangan , gimana solusinya biar gak pipis sembarangan ? dan itu jenis kucing persia atau anggora?

  52. aku mau nanya dong aku kan baru pertama kali melihara kucing udah umur 3bulan aku pingin mandiin tapi aku takut sakit soalnya aku ga ada hairdyer trus gmana ya ? kucing aku juga diem mulu knpa yahh

  53. Sis, saya kan baru dikasih kucing2, yang satu dalam kondisi kurang terawat, banyak banget kayak benjolan kuning kecoklatan gitu sama banyak banget kutunya,saya udh mandiin pake sampo anti kutu, tapi gak ilang2,cara ngilanginnya gimana ya sis? Tx

  54. Dok mau tanya… saya mau adopsi kucing umur 3 bulan.. rencana mw sy vaksin dulu baru saya bawa pulang … nah lama perjalanan dr tempat saya ambil kucing ke rumah saya yaitu 6 jam. Apakah boleh hari ini di vaksin trus besoknya di bawa perjalanan jauh? Dan bagaimana caranya mengajarkan kucing agar bisa BAB pada tempatnya? Terima kasih

  55. mau tanya donk.. ak punya kucing. sblm makanan baru ak kasi. ak pake metode 70:30 dst. eh.. makanan lamanya keburu habis . jadi dikasi makanan barunya 100% deh. dia lahap makan. cuma pupnya jadi lembek gtu. awalnya dia mkan pakah imo trus pupnya ga bau dan kering. tp makannya ga lahap. tp pas diganti sm RC lahap bgt. cuma ya itu. gmna ya ?? trus. anu* nya jadi kotor. ak mo mandiin dia cuma gmna ya?? makasih

      • Abis mandiin kucingku malah lemes,ga mau makan trus batuk2 terus,mencret juga pupnya.tapi kalo pagi sering ke teras,dia jemuran gituu sampe siang.jam 2an baru masuk rumah lg langsung tidur lg.dia kenapa ya mas?

  56. Kucing ku 5 bulan. Dia kemarin sakit ada bisul di lehernya sekarang udah pecah bisul nya dan karena bisulnya pecar jadi ada aroma² wangi😊 dan bulunya jadi keras. Pecah nya kemarin dan udah d bawa ke dokter sekarang lagi minum obat. Dan sekarang manja nya udah balik lagi cuma kita juga gimana ya karena kucing nya bau. Kira² udah boleh di mandiin belum ya dan saya di sini ga punya hair dryer.

    • Klo sampai sudah dimandikan dg shampoo utk org ya itu namanya sengaja mba. Bkn gak sengaja.

      Shampoo utk org dewasa tdk bagus utk bulu kucing krn sifat shampoo yg panas dan keras.
      Bs bikin bulu kucing rontok.

  57. Dok, kucing saya umurnya belum sampe 1 tahun, tapi badannya itu kotor banget. Kayak kerak plasenta gitu, mungkin induknya gk bersih jilatin anaknya. Boleh gk saya mandikan? Trus kalau bersihin hidung sama mulutnya pake apa ya? Krn ada kotor kehitaman gitu, bekas dari puting susu induknya sebelum dimandiin, jadi kotornya itu lengket ke mulut n hidung anak2nya,

    • Mungkin maksudnya umur blm 1bulan ya?
      Bagusnya sih dimandikan minimal umur 2bln.
      Tp kl sudah kotor banget dan bau, gpp dimandikan pke air hangat.
      Bersihkan hidung sm mulut pakai tisu/kapas yg dibasahi dg air hangat

  58. Permisi dok mau tanya dirumah ada kucing yg sering main tapi kemarin mencret2 trus 2hari kemudian sembuh (bagian lubang anus kering) tapi setelah itu bagian ekor kotor dan bau apa boleh langsung dimandikan?
    Kucing juga sering garuk2 seperti kutuan, dan napsu makan kurang

  59. Dok. Kucing saya kutuan, sering garuk garuk. Boleh g saya kasih minyak kayu putih sama bedak tabur manusia buat gatal seperti herosin? Ohya dok dia jamuran juga jdbanyak lukanya aku kasih betadin sama obat jamur manusia gmn tu dok?

    • Jangan.
      Krn angin yg dihasilkan kipas angin itu dingin. Bukan hangat. Jd bs bikin kucing kembung, masuk angin. Mending pakai hairdryer / blower yg mengeluarkan angin hangat

  60. Misi dok mo nanya klo saya mandiin kucing ngeringinnya pake kipas angin boleh gk dok berhubung gk ada hairdryer dirumah

  61. Mas kucingku nginjek jebakan lem tikus. Ngebersihin lem yg dikakinya pakai apa ya mas? Dn bsa g klo kita bersihin sndri

  62. Maaf mau Tanya dok kucing saya habis dimandikan trs langsung lemes gak nafsu makan smpe seharian gak makan kira2 kucing says knpa ya dok:(

  63. salam. saya ada beberapa pertanyaan mas/mba. aku baru adopt kitten sekitar 18 hari yg lalu. kittenku kurang lebih 3 bulan umurnya tp beratnya masih 700gr 😦 aku udah kasih nutri plus gel trus makanannya aku ganti ke royal canin 32 tp kenapa ya nafsu makannya masih kurang ? baru tadi pagi aku perhatiin dia gigit2in perutnya sama kakinya, pas aku cek ada kayak ketombe (sepertinya jamur) trus aku perhatiin ada benjolan kecil seperti jerawat, itu beneran scabies ya 😔 ? trus ada bintik2 hitam dibulu2nya, apa itu kutu yah ?
    aku bawa ke pet clinic tp kata dokternya takut di mandiin karena masih di bawah 1kg beratnya, aku di suruh naikin dulu beratnya, tp kalau nunggu kelamaan gitu aku kasian sama bintik2 itam itu, kasian jg sama jamur/scabiesnya. solusinya gimana ya ? trus apa aman aku vaksin dia kalau lg bermasalah gitu ? apa bener sangat riskan di mandi klu beratnya di bawah 1kg ?
    mohon di bantu mas/mba. makasih.

    • Iya kucing mbak fanny trkena jamur&kutu. Bhkan mgkn ada cacingan krn beratnya gk nambah2. Saran saya kucingnya dibersihkn dl dr parasit2..
      Beri obat cacing, dosis sesuai berat badan.
      Stlh itu kucing jg sbaiknya dimandikan pakai shampoo anti kutu& anti jamur.
      Ksh makanan yg dia suka. Kl agak susah mkn bs dcampur dg pakan basah sbg pancingan.
      Bs jg diberi tambahan kuning telor seminggu 2x utk menaikkan berat bdnnya.

  64. Mohon info nya kucing persia saya kok di telinganya kaya ada semacam penyakit kulit trus dia mengering gt knp ya.. Dan cara mengobati nya bagaimana.. Mohon info nya thanks

    • Tidak direkomendasikan pakai shampoo manusia dan air dingin.

      Sebaiknya pakai shampoo khusus kucing dan air hangat.
      Shampoo bs dibeli di petshop2 terdekat

      • Dok, kucing saya umurnya udah 1 tahun lebih 2 bulan, tapi belum divaksin, gimana ya solusinya, vaksin apa yang cocok?

  65. Dok saya mau tnya, di bagian mulutnya kok ada semacam flek hitam itu krnapa ya??,, bahaya gak??,, thamks infonya..

  66. Dok saya mau tanya..sya tdi abis mandi in kucing persia umur 3 bulan.

    Stelah itu sya di kering kan nya pake headrayer dlu. .trus di jemur. .
    Apa kah benar atau tidak dok.
    Apa kah harus di jemur dlu trus pake headrayer.
    Yg bnr ny gmna dok.
    Terimakasih dok.

  67. Sy pernah coba keringin pake hairdryer dr luar kandang spt sy disarankan. Tp kucing sy ttp ketakutan malah dia ngerasa itu ancaman jd kyk mau terkam. Klo pake kipas angin blower yg besar itu blh ga si?

    • kl bagusnya pakai blower / hairdryer krn angin yg kluar hangat.
      klo kipas angin, angin yg keluar dingin, bisa mengakibatkan masuk angin pada kucing.

  68. mencegah jamur/kutu selain perawatan & lingkungan yang baik apakah ada asupan tambahan example obat/vitamin?kalau ada bagusnya apa?#kitten 3bulan

    out of topic*
    usia ideal vaksin umur berpa?adakah samping setelah vaksin.tq

  69. Cara biar bulunya tidak rontok gimana om? Ini bulunya rontok banget n kasap atau gak halus

    • bulu rontok bisa banyak penyebabnya.
      bisa karena :
      *rontok pergantian bulu baru,
      *ada kutu dan jamur dibadannya
      *gak cocok sm pakannya
      *gak cocok sm shampoo nya
      *bisa juga karena birahi
      cari tau penyebabnya dulu, baru kmudian diatasi.

  70. Dok, saya punya kitten 2,5 bulan. Di bawah matanya itu ada kuning” bekas air mata. Cara merawatnya biar bisa hilang bekasnya gimana ya dok?
    Terima kasih

  71. Om mau nanya….??? Makanan kucing persia umur 2 bln yang murah tp kualitas bagus apa yaa…??? Trus yang gak bikin feses nya bau banget…? Soalnya kata temen aq yg pecinta kucing, klo dikasih wh**k*s katanya itu produk daur ulang yaa, katanya yg bagus dan murah itu febelite apa bener om…???

  72. dok, saya lagi rawat kucing sekitar usia 6 bulan. awalnya lincah karna masih ada induknya, setelah ditinggal induknya jadi kurus. 2 hari yg lalu datang ke rumah lemas, curiga keracunan. saat ini masih lemas. ingin memandikan karena kotor terkena feses dan lain lain boleh tidak?

  73. Hallo popopetshop.
    Saya baru adob anak kucing persia saat umur 2minggu, skrng umur dia 1 bulan lwt 1 minggu dan sedang terserang jamur agak parah sudah saya atasi dgb VCO dan sudah lumayan hilang tapi bulu2 dan badannya jadi lepek. Apakah kucing saya bisa dimandikan? Apakah aman? Saya sudah menyiapkan shampo anti jamur dan hairdryer. Thx

  74. punten dok , mau tanya aku baru beli kucing umur 2 bulanan dan baru di rumah seminggu ,, dia selalu gg mau di kandang , mau ny di luar jalanan trz , knp iy

    • Krn kebiasaan sblmnya gak pernah dikandang.
      Cb aja terus dikandangin, sesekali dikeluarkan tp tetep diawasi. Krn umur2 sgitu mmg lg aktif2nya lari2an.
      Nti lama2 jg jd anteng kl sdh terbiasa dikandang

  75. dok saya punya kucing anggora 4, 1 induk 3 anakan baru umur 2 bulan, saya mandiin abis itu induk nya ga mau nyusuin lagi kalo dideketin sama anaknya dia langsung marah. gimana cara ngatasinnya dok? thanks

    • Cb pelan2 dideketin anakannya ke indukannya.
      Dipaksa suruh nyusuin smbil indukannya dielus2, dibuat nyaman. Anaknya disodorin ke puting induknya. InsyaAllah nti mau.

  76. Kucing saya selalu garuk2 sekitar alis dan belakang telinga mas sampe kaya botak itu knp y dan bagaimana mengatasinya

  77. Oleh saya baru adopsi kucing bos umurnya kurang lebih 2 bulan, kasihan kucingnya dok gak terurus badan bau, dan berkutu, makanya saya minat adopsi karena kasihan ngelihat kucing ini ga ke urus sama majikannya.. kasih tips dong dok boleh ga dimandikan umur -+2 bln, dan bulunya agak menggumpal2 gitu karena ga ke urus.. minta tips nya ya dok ☺

    • Umur 2 bln boleh dimandikan.
      Bs dibawa ke petshop utk digrooming.
      Atau jika ingin memandikan sendiri, utk kasus diatas, bs menggunakan shampoo anti kutu flea and ticks dr imo. Uraikan bulu2 yg menggumpal. Stlh selesai mandi/grooming, hrs bener2 dikeringkan smp bnr2 kering agar tdk dijadikan sarang kutu dan jamur.
      Beri catfood yg bergizi dan tinggi protein.
      Beri vitamin. Utk antibodi bs pakai imboost kids. Utk kitten cukup 1cc/1ml setiap hari.
      Bs jg berikan vitalysine basic, sbg penambah nafsu makan&utk menggemukkan.

  78. Mba/mas, saya baru adopsi kucing umur 7 bulan, dan sudah kotor dan mau di mandiin. Tapi saya denger dr temen saya yg pengalaman kalo kucing baru adopsi jgn langsung di mandiin takut stress/sakit karna kaget majikan baru. Emng bener ya? Apa saya harus biarin dia adaptasi dulu baru saya mandiin? Mohon bantuan nya thx

  79. Halo,mau tanya apa anak kucing usia 1 bulan bisa di bawa pergi jauh? Soalnya ada teman yang mau,tapi rumahnya di bandung sedangkan saya di depok. Atau ada alternatif lain gimana cara bawanya?

  80. Dok mau nanya ni, saya baru adopsi kucing. Trus saya baru sadar kalok di perut bawahnya ada benjolan merah gitu, kira2 sebesar ujung kelingking anak bayi la. Itu kenapa ya dok? Trus cara nyembuhinnya gimana? Thanks

  81. Halo!
    Saya punya dua anak Kucing umur 2 bulan lebih: aktif, rajin menyusui, dan tidak malas makan.
    Yang 1 adik kucingnya tumbuh normal..
    Yang 1 lg si abgnya.. hanya perutnya yang gendut(buncit) tapi bagian badannya yang lain kurus.
    Itu kenapa ya? Apa cacingan?
    Mohon informasinya bagaimana cara mengatasi si abg kucing ini..
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s