Persiapan Kucing Melahirkan

Kucing akan melahirkan adalah hal yang selalu dinanti- nanti oleh pemilik kucing karena akan mendapatkan kucing-kucing baru yang lucu. Tentunya pengalaman pertama bagi anda yang baru akan membantu kucing kesayangan anda melahirkan. Anda tidak perlu panik. jangan pernah tinggalkan kucing anda di saat minggu-minggu menjelang kelahirannya, karena kucing kesayangan anda akan lebih membutuhkan ekstra perhatian. Kucing umumnya melahirkan setelah 65 hari hamil. Pada 2 minggu menjelang kelahiran kucing akan mencari tempat yang tersembunyi dan hangat untuk anak-anaknya nanti. Disini saya akan mencoba membantu anda.

Apa saja yg perlu disiapkan?

1. Siapkan gunting baru yang tajam dan benang

2. Handuk dan kain untuk alas

3. Obat betadine dan pipet atau alat hisap (bisa dibeli di apotik)

4. Box buah besar atau Kotak kardus besar yang sudah di potong setinggi satu jengkal.

5. Beberapa lembar Koran bekas dan tissue

6. Lampu 5 watt untuk penghangat

7. Pakan yang banyak , kuning telor ayam kampung dan Madu

Usahakan semua alat-alat tersebut di atas sudah di siapkan 1 minggu sebelum kelahiran. Pastikan semua nya sudah steril. Ketika saatnya kucing melahirkan anda jangan panik, buatlah kucing anda merasa nyaman karena dia tahu anda ada di dekatnya dan siap membantu. Biasanya jarak waktu kucing melahirkan bayi pertama dengan kelahiran bayi berikutnya sekitar ½ – 1jam atau lebih. Lama proses kelahiran sekitar 3-4 jam. Jadi anda harus sabar dan teruslah temani si manis sampai semua anaknya lahir. Siapkan box buah atau kotak kardus yang dalamnya sudah dialasi koran dan kain. Pada waktu anak kucing dilahirkan masih terbungkus selaput tipis, jadi tugas anda untuk melepasnya dengan cubitan kecil dan harus hati-hati. Lalu ambil dan pegang bayi kucing dalam posisi terbalik kepala dibawah dengan handuk, kemudian segera hisap lendir dalam hidung dan mulutnya menggunakan alat hisap atau anda gunakan mulut anda untuk hisap lendir pada hidung dan mulutnya (kalau anda tidak merasa jijik). Ikat tali pusarnya 4cm dengan benang, lalu potong pusarnya. Kemudian berikan obat betadine pada ujung pusar bekas potongan tadi, guna mencegah infeksi. Berikutnya bersihkan seluruh badannya menggunakan handuk yang lembut, lalu serahkan kembali pada induknya untuk disusui. Jangan lupa pasangkan lampu di atas kotak agar anak kucing anda selalu hangat. Berikan kuning telor ayam kampung 1x sehari selama 5hari berturut-turut pada indukan yang baru melahirkan, dan berikan juga madu pada indukan pasca melahirkan untuk kekuatan tubuhnya dan selalu sediakan pakan yang banyak, karena kucing akan lebih banyak makan ketika sedang menyusui.

Iklan

86 comments on “Persiapan Kucing Melahirkan

  1. Setelah dilahirkan ada anaknya yang tdk bisa / tidak mau nyusu bagaimana cara menanganinya dan jika harus dibantu nyusu sebaiknya menggunakan susu apa sebagai pengganti ASI? Kucing persiaku telah melahirkan anak 4 ekor tapi meninggal 1 setelah aku beri susu beruang karena tidak bisa/tidak mau nyusu.

    • ada susu khusus kucing yg bisa dibeli di petshop2 terdekat tp memang harga nya lumayan mahal..
      ada alternatif lain pakai susu bayi merk SGM utk 0-6bln.
      bikin encer saja.. jangan terlalu kental karna akan mengakibatkan kucing mencret.
      beri susu kpd anak kucing yg tidak mau menyusu setiap 2jam dengan spet atau pipet.

  2. kucing saya dari anak ke 3 sampai sekarang belum lahir2 anak yang ke4 selama hampir 8 jam. anak-anaknya masih ada di dalam kandungannya.jadi harus gimana ya?

  3. saya punya kucing waktu hamil pertama dia melahirkan anak kucing cuma 1 saja, kemudian tidak keluar2 lagi, saya takut ada anak kucing yang mati dalam perutnya, dan sekarang dia hamil lagi, dan sepertinya mau melahirkan?? gimana penangannya ya?
    klau saya bawa k dokter hewan untuk melahirkan biaya mahal enggak ya?kira2 brpa?. mohon bantuannya ya. terimakasih

  4. haduuuhhh….grogi jdnya…..kucing aq lg hamil 1bln stgh nihhh….mdh2n lancar…………makasih bgt infonya…………….

  5. Kucing ku udh hamil pkiraan 63 an share ….perutnya gak gede amat ,mulai suka menyendiri 2 minggu ini ,dan hari ini ekornya dan bokongnya suka gerak2 spontan ….brp lama lg ini ya …..

  6. kucing saya jenis angora,usia kehamilannya baru 54 hari namun sdh melahirkan seekor kitten nmun mati,ini sdh hampir 6 jam blm ada yang dikeluarkan lagi,gmn pertolongannya?dokter hwan malam baru ada

  7. kucing saya campuran, antara ras biasa sama anggora, perutnya membesar tiap minggunya, putingnya berwarna pink jika di sentuh dia kesakitan, pertanyaannya saya ragu mengatakan kucing saya hamil, krn saya melihat foto kucing ras hamil sangatlah besar tapi kucing saya perutnya blm sebesar mereka 😦 bagaimana ini Popo

  8. Kucing saya baru melahirkan jam 21.00 sebanyak 3 ekor. Bagaimana mengetahui jika induknya telah selesai melahirkan (tidak ada anak yang tertinggal/mati di perut si induk ?

    • Alaminya mmg kucing bs melahirkan sendiri tanpa di bantu.. tp kembali lg ke kondisi kucingnya masing2.. sudah siapkah mrk melahirkan sendiri?
      Apalagi klo kucingnya dikawinkan saat blm cukup umur.. bnyk kucing dlm kondisi spt itu blm bs melahirkan sendiri tanpa bantuan dan pengawasan owner nya..
      Anaknya bs mreka kluarkan sendiri tnpa dibantu tp biasanya stlh slese melahirkan induknya tdk mau merobek lapisan plasenta yg membungkus anaknya..yg bl tdk disobek, anaknya bs mati krn kehabisan oksigen. Ada jg induknya yg tdk mau memotong ari2 anaknya.. nahh.. disaat2 itu lah peran kita berfungsi sbg bidan spt yg mas ardi sebutkan td.. untuk menyelamatkan nyawa anaknya dan induknya.. 🙂

      • sudah di raba dan kyak nya msih ada lagi soal nya di raba ada benjolan nya,,trus apa mungkin kucing melahirkan bisa lebih dari 24 jam ??

      • Normalnya sih nggak mas..
        tp saya pernah ngalamin sendiri..kucing saya lahiran 2ekor..stelah selang 2hari lahiran lg 1ekor. Alhamdulillah selamat semua.
        Klo masnya ragu..mending dibawa ke dokter hewan aja mas.

  9. kakak, kucing saya sepertinya sudah waktunya melahirkan, saya liat dari tingkahnya yang nyari tempat tersembunyi dan payudaranya sudah bengkak karena air susu, dari alat kelaminnya mengeluarkan darah sejak 2 hari yang lalu, tapi sampai sekarang tidak melahirkan juga, kalau riwayat ibunya (yang hamil) sakit”an,malah sempat sakit yang mengeluarkan nanah dari alat kelaminnya, waktu saya cari di google sepertinya sakit yang telat di kawini kucing jantan, mohon solusinya. terima kasih sebelumnya, saya tunggu jawabannya.

    • sudah hari ke brp dari dia kawin??
      normalnya hamil 65hari..
      coba sediakan aja box yg diisi kain2 untuk dia melahirkan. letakkan box di dalam kandang.

  10. kakak,kucing saya baru 9 klo gk salah sudah hamil terus apa nanti kucingnya melahirkan anaknya di rawat apa tidak ya….

    • 9 bulan sudah dikawinkan??
      bagusnya klo mau dikawinkan minimal umur betina nya 1th..
      klo 9bln biasanya dia blm nalar..takutnya dia gk mau urus anak2nya krn masih suka main2.. tp nggak semua kucing spt itu.. smoga kucing mas rio mau urus anaknya..

  11. kucing saya telah melahirkan tapi cuma 1 saya tunggu beberapa hari kok belum melahirkan lagi padahal di perut nya masih ada gerakkan / janin itu kenapa?

    • segera dibawa ke dokter hewan aja biar dibantu lahirannya.. bisa bahaya klo misal kelamaan di dalam.. bahaya buat bayinya..bahaya jg buat indukannya karna induknya bisa keracunan air ketuban..

  12. Kalo anakya baru lahir dimandikan apa tidak..?? kata teme saya sih dimandikan..
    klo pendapat dari popopetshop gmana..

    Makasih..untuk semua jawabanya…

  13. mas bro…. kucing saya barusan lahir nich di kamar, lalu aq posting,, aq liatin terus tuh kucing…. kucingnya baru lahir 3 dan hidup semua…. warnanya pun beda2, ada hitam, putih, n jingga… tp di perut masih ada tonjolan2… syukur, sich pus langsung makan ari2 anaknya… baru umur 9 bln kucing dah ngalhirin, dasar kucing…

  14. Bro mau nanya saya bingung kucing hamil atau enggak soalnya bulunya tebal, tp putingnya pink agar tau dia hamil gimna?

  15. mau tanya kucing saya kan udah hamil terus garuk garuk tempat tidur nya dan mengeluar kan cairan berwarna putih itu apa bertanda kucing akan melahirkan?

  16. boss, untuk tmpt lahir kucing itu butuh tmpt yg gelap, sepi atau yang gimana?? ini my cat tak truh dikamar sama kandangnya, sudah dsiapin kerdus jga tpi mlah gk tw ke kerdusnya?? tyap malem mesti masih nyari2 tempat gtu…

    mohon solusinya karna ini kemungkinan kurang seminggu lagi.

  17. popopetshop, sya mau nanya nih.. kucing saya brusan lahiran.. tapi ga dikandangnya.. karna emang dia ga betahan di kandang.. jadi dia lahir di pojokan rumah.. alasnya keramik.. saya khawatir dia dan anaknya jdi kedinginan… solusinya gimana ya…? saya biarkan dulu.. atau saya pindahin?? kalau saya pindahin beberapa menit/jam setelah kelahiran anaknya ya…

    mksih ya sebelumnya…

  18. Saya mau nanya,kalo kucing persia melahirkan harus dibantu apa didiemin nanti anaknya keluan sendiri ???????
    Mohon jawabannya ya

  19. kak…,kucing anggora aq lahiran nii. nak prtama smpe k-3 jeda lahirnya ga jauh wktu na. nah,nak k-4 jda smpe 5 jam. untuk tau masih da janin di induk na gmana cara efektif na yua ?takut masii da nak na sii induk,tp ga dlahirin. mhon bantuan na kak…

  20. Assl, kucing saya kemarin melahirkan anaknya satu, trus perutnya kaya ada benjolan di dalamnya, dan masih ngeden juga kluar darahnya, kayanya ada anaknya lagi yang belum keluar, bgaimana cara menolongnya ?

  21. Assalamuallaikum,, kak kucing ku udh hamil dan ini tdi kluar darah dari kemaluannya apakah in8 ciri2 dia mau melahirkan …? Dan biasanya berapa lama dia akan melahirkan s3telah keluar darah itu

      • Saya mau tanya, kucing saya 5hari yg lalu melahirkan. Tapi hanya satu dan mati. Saya mengetahuinya mugkin stelah beberapa jam dia melahirkan. Setelah itu dia jadi tidak nafsu makan, lalu dia selalu garuk garuk tmpat pupnya. Berfikir mungkin dia mau pup, tapi lama bgt dia ngeden gak keluar keluar. Tapi dia tutupin lagi pake litter walaupun gak ada pupnya. Lalu pas saya lihat dia lagi bersihin vaginanya ada cairan berwarna putih kekuning kuningan. Itu apa ya? Lalu saya cek ke dokter hewan, kata dokter dia ragu benjolan di perut itu ginjal yg bengkak atau janin. Lalu dia usulkan ke rs hewan di ragunan untuk di usg. di situ kucing saya juga di suntik untuk merangsang dia ngeden supaya kalo masih tertinggal anaknya bisa keluar, tapi di tunggu 2x24jam ga ada yg kluar dan malah dia garuk garuk litternya tpi dia gak pipis ataupun pup. Semakin hari dia jadi gak mau makan dan minum. Pertanyaannya ada cara lain untuk misalnya terdapat bayi yg mati dlm janin nya tanpa mesti ke dokter? Mengingat saya mahasiswa tidak punya cukup uang untuk kemungkinan operasi sesarnya?

  22. Mas nie saya kan punya kucing lgi hamil tpi udh menjelang melahirkan dia santai aja mlah tidur truss tpi dy suka masuk lemari wlaupun udh di siapin tempat.a tpi dy mlah milih masuk lemari dan klo di larang muka.a kliatan melast jdi hruss g’mna nie…???

  23. mau tanya dong kak, kan aku emamg udah pelihara kucing, tapi 2minggu yg lalu aku dikasih kucing sama temennya, temen kkak aku, jadi aku gk kenal sama yg ngasih & gk tau apa-apa kak soal kucingnya. Kucing yg aku pelihara 1,5tahun ini kan gk pernah hamil kak, karna kalo dia birahi, mau aku kawinin sama kucing jantan, kucing jantannya malah diajak berantem, dicakar sama dia, jdi sampe sekarang jg gk pernah dikawinin kak, gk mau dia nya 😦
    Nah terus kucing yg baru aku pelihara 2minggu ini perutnya gede kak, keras gitu, kayak ada benjolan, kucingnya jg manja banget, terus puting susunya jg gede + merah sama bulu disekitar putingnya tu rontok, apa mungkin kucingnya hamil kak ? kan aku jg gk tau kapan kucingnya ini kawin, soalnya mau nanya, sama yg ngasih kucing ini jg aku gk kenal & gk ada kontaknya kak, kalo emang kucing ini hamil, untuk tau dia hamil udah berapa lama gimna ya kak ? & untuk tau dia emang bener-bener hamil gimana ya kak ?
    dan 1 lagi kak, untuk nanganin masalah kucing aku yg super garang itu gimna ya ? yg udah bener-bener birahi, tapi kalo liat atau dideketin kucing jantan dia malah ngamuk + jadi marah & seketika kayak berenti birahinya, tapi pas kucing itu dibiarin sendiri, dia mulai kayak birahi lagi kak, jadi kasian aku, tapi dia gk mau dikawinin 😦
    maaf ya kak kalo nanya nya byk, tolong dijawab ya, makasih 🙂

  24. Malaam mas atau mbak popopetshop…
    Makasih banget artikelnya udh bantu bgt selama kucing ku lahiran! Mas/mbak popo, ada tips gak buat induk bisa apik ngejaga anaknya? Kucing ku ini udah 3x lahiran (1x di owner yg dlu dan 2x di saya) tapi si induk terkesan kurang care sama anaknya. Si induk sering keluar dari kandang trutama klo saya gk duduk di depan kandang dia dan kurang merespon kalau si anak nangis nyari ibunya. satu lagi yg buat saya bingung, si induk gk marah waktu ada pejantan (kucing saya juga) yg mau mengawini dia, bukankah seharusnya si induk gak suka ya?

    Mohon petunjuknya popo,
    Terima kasih

    • Slmt mlm.
      Senang artikelnya bs membantu..
      Kl care/tdknya induk kucing trgntung dr karakter kucing masing2.
      Utk antisipasinya, slama menyusui, induk+anak2nya dkandang sj. Yg pnting kandangnya gk trlalu sempit.
      Latih induknya dg cara didekatkan ke anak2nya wktu anak2nya nangis.

  25. Kucing saya lagi hamil nih dan sebentar lagi kayanya melahirkan,udah saya siapin box nya tapi ko gamau kesitu dan diam disitu ya?malah masih keliling keliling nyari tempat kayanya,gimana ya?makasih sebelumnya mas/mba

  26. Ka mau nanya, kucing aku 2 hari kemarin tbtb melahirkan tapi sayangnya anaknya mati. Dan ternyata hari ini dia ngeden2 lagi ka udah keluar cairan jg tp udh beberapa jam belum keluar2 juga anaknya. udh dibantu dielus2 trus dikasih makan dikasih box jg. Kira2 aman ga ya kalo udh lebih dr 2jam tp blm melahirkan juga??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s